Transpose Data Memakai Fungsi Indirect Adress

Pada 4 postingan terdahulu, kita sudah berguru mengenai cara transpose data excel dengan aneka macam cara yang berbeda. Ya, semakin usang berguru excel memang semakin menantang untuk mencoba cara gres untuk kiprah yang sama.

Cara ke-5 untuk  transpose data excel yaitu memakai adonan rumus fungsi INDIRECT, ADDRESS, COLUMN dan ROW. Jangan terlalu dipusingkan dengan penggunaan 4 fungsi dalam satu formula. Jika kita memahami konsepnya, hal ini tidak terlalu rumit.

Fungsi INDIRECT mempunyai kegunaan untuk mendapat nilai secara tidak eksklusif dari string address, contohnya jikalau kita mengetikan formula =INDIRECT(“A1”) maka kita akan mendapat nilai dari sel A1. Perhatikan “A1” dalam tanda kutip mengambarkan A1 yaitu string, bukan tumpuan A1, sehingga jikalau dalam sel B1 berisi text “A1” kemudian kita menuliskan rumus berikut =INDIRECT(B1) maka akan diperoleh nilai dari A1, alasannya yaitu B1 tanpa tanda kutip mengambarkan referensi, sehingga fungsi INDIRECT akan mencari nilai tidak eksklusif dari text address yang berada di dalam sel B1.



Fungsi ADDRESS mempunyai kegunaan untuk mendapat alamat sel dengan mengacu pada nomor row dan nomor column.  Berikut teladan penulisan fungsi Address dan hasilnya:

=ADRESS(1,1)    --->  hasil =  A1   (baris ke-1,  kolom ke-1)
=ADRESS(2,1)    --->  hasil =  A2   (baris ke-2, kolom ke-1)
=ADRESS(1,2)    --->  hasil =  B1   (baris ke-1, kolom ke-2)

Pada ketika mengetikan fungsi address, mungkin anda akan melihat hint parameter selain row_num dan column_num, hamun dalam hal ini jangan terlalu dihiraukan alasannya yaitu untuk transpose data hanya diharapkan 2 parameter menyerupai yang dicontohkan. Prinsip kerjanya hampir sama dengan transpose data memakai fungsi INDEX dan OFFSET, yaitu membalik row dan column.

Fungsi COLUMN dan ROW mempunyai kegunaan untuk mendapat index kolom dan index baris dari tumpuan terpilih.

Secara sederhana, rumus untuk tranpose data sanggup dituliskan sebagai berikut:

=INDIRECT(ADDRESS(COLUMN,ROW))

Selanjutnya mari kita praktekan dalam lembar kerja excel.

  • Masih memakai data yang sama pada cara ke-1 s.d ke-4, ketikan rumus berikut pada sel D1
=INDIRECT(ADDRESS(COLUMN(A1),ROW(A1)))
  • Lalu copy sel D1 ke range D1:I2 sehingga kita sudah mendapat data transpose pada range D1:I2
  • Kelemahan dari formula tersebut yaitu hanya berlaku bila sel pertama pada range data orisinil mempunyai nomor kolom dan nomor baris yang sama, contohnya A1, B2, C3, D4, E5 dan seterusnya. Coba test dengan melaksanakan insert colom pada kolom A atau insert Row pada baris 1, maka data transpose akan berubah dan akan kembali menyerupai semula jikalau sel pertama data orisinil berada pada sel A1, B2, C3 dan seterusnya.
  • Lakukan modifikasi pada formula diatas sehingga sanggup lebih fleksibel dengan mengetikan formula berikut pada sel D1
=INDIRECT(ADDRESS(COLUMN(A1)-COLUMN($A$1)+ROW($A$1),ROW(A1)-ROW($A$1)+COLUMN($A$1)))
  • Lalu copy formula dari sel D1 ke range D1:I2, lakukan test dengan insert kolom pada kolom A dan insert baris pada baris 1. Disini kita akan mendapat data transpose yang konsisten.
  • Sampai pada tahap ini kita sudah berhasil melaksanakan transpose data memakai INDIRECT, ADDRESS, COLUMN dan ROW. 


 kita sudah berguru mengenai cara transpose data excel dengan aneka macam cara yang berbeda Transpose Data Menggunakan Fungsi INDIRECT ADRESS


Demikian bab terakhir mengenai Lima cara untuk melaksanakan transpose atau merubah orientasi baris menjadi kolom dan sebaliknya pada data excel.  Jika pembaca mempunyai metode lain silahkan menyebarkan dengan komentar pada postingan ini.

Semoga bermanfaat.
Belajar Excel..! Excellent..!

Artikel Terkait:





5 Cara Transpose Data Excel
Transpose Menggunakan Fungsi Array TRANSPOSE
Transpose Menggunakan Fungsi Index
Transpose Menggunakan fungsi OFFSET

0 Response to "Transpose Data Memakai Fungsi Indirect Adress"

Posting Komentar