Penggunaan Rumus Offset Untuk Transpose Data Excel

Cara ke-4 untuk melakuan transpose / merubah orientasi kolom dan baris data excel yakni memakai rumus kombinasi fungsi OFFSET serta ROW dan COLUMN. Fungsi OFFSET ini mempunyai kegunaan untuk mendapat nilai menurut posisi relative sebuah range terhadap range acuan.

Adapun syntax dari fungsi OFFSET yakni sebagai berikut:

  =OFFSET(reference, rows, cols, [height], [width])

Tulisan ini tidak akan menjelaskan secara detail fungsi OFFSET dan parameter fungsinya, namun hanya akan menjelaskan kaitan fungsi OFFSET dengan proses transpose data. Untuk transpose data, parameter fungsi OFFSET yang diharapkan yakni reference, rows dan cols.





Reference = range acuan, dapat berupa sebuah sel atau beberapa sel. Dalam kasus transpose data, maka range contoh yang diharapkan yakni sebuah sel.
Rows=posisi relatif sel yang dicari nilainya terhadap sel acuan
Cols = posisi relatif sel yang dicari nilainya terhadap sel acuan
Selanjutnya mari kita praktekan kembali pada lembar kerja excel memakai tabel data orisinil menyerupai cara pertama.


  • Menggunakan contoh kasus menyerupai pembahasan Transpose bab pertama (Copy Paste Transpose), Bagian Kedua (TRANSPOSE) dan bab ketiga (INDEX), Pada bab ke-4 ini memakai fungsi OFFSET, Masukan rumus pada sel D1 sebagai berikut: 
=OFFSET($A$1,COLUMN(A1)-COLUMN($A$1),ROW(A1)-ROW($A$1))
  • Copy sel D1 tersebut ke range D1:I12 Sehingga mendapat data transpose pada range D1:I2.
  • Jika anda menginginkan format data transpose identik dengan format data asli, lakukan copy paste special format transpose dari data orisinil ke range D1:I10 dengan cara sebagai berikut: seleksi range data orisinil --> CTR+C  --> klik kanan cel D1 --> paste special --> pada obrolan box tick formats dan ticks transpose --> Ok
 merubah orientasi kolom dan baris data excel yakni memakai rumus kombinasi fungsi OF Penggunaan Rumus OFFSET untuk Transpose Data Excel

  • Dengan memperhatikan formula di atas, prinsip kerja formula OFFSET hampir sama dengan INDEX yaitu membalik parameter kolom dengan baris.

Demikian supaya bermanfaat
Belajar Excel..! Excellent

Artikel Terkait

0 Response to "Penggunaan Rumus Offset Untuk Transpose Data Excel"

Posting Komentar