Rumus Excel Tidak Berfungsi ? Inilah Penyebabnya!


Pernahkan anda mengalami kasus rumus excel yang tidak berfungsi, tidak bekerja atau tidak mengkalkulasi dengan benar padahal sudah dituliskan dengan benar?

Bagi user excel yang belum mengetahui akar permasalahannya mungkin akan merasa sedikit putus asa dan bertanya-tanya, kenapa ini?





Tenang… Coretan berikut akan mengupas tuntas beberapa permasalahan yang mengakibatkan rumus excel tidak menjalankan fungsinya untuk mengkalkulasi dengan benar.

Silahkan di cek juga tutorialnya dalam video berikut:


Biasanya kita gres menyadari rumus excel yang tidak bekerja ketika merubah salah satu data pada referensi sel tetapi nilai dalam cell lainnya yang terkait tidak ikut berubah. Dengan kata lain hasil kalkulasinya tidak terupdate serta merta secara otomatis


Kasus ini juga sanggup ditandai ketika mengcopy rumus dari sebuah sel ke sel lainnya. Nilai dalam sel yang di-paste tetap sama dengan sel yang di-copy meskipun seharusnya jadinya berbeda.


Apakah penyebabnya?

Setidaknya ada 2 hal yang paling sering mengakibatkan rumus excel  tidak berfungsi atau tidak mengkalkulasi dengan benar, yaitu:

1. Automatic Calculation tidak aktif
2. Adanya Circular Reference

Baiklah mari kita telaah satu persatu dari kedua problem tersebut yang mengakibatkan rumus excel tidak tidak bekerja semestinya.

Rumus Excel Tidak Berfungsi Karena Automatic Calculation Tidak Aktif.






Update nilai hasil rumus dalam excel sebetulnya melalui sebuah proses kalkulasi yang secara default biasanya terupdate otomatis kalau ada perubahan nilai dalam referensi rumus. Namun proses kalkulasi ini tidak selamanya dilakukan secara otomatis.

Nah hal inilah yang kadang tidak disadari atau tidak diketahui oleh pengguna excel, sehingga sebagian user (mungkin) merasa sedikit putus asa begitu menghadapi kasus ini.

Dalam excel sebetulnya ada 3 pilihan setting kalkulasi yaitu:

  1. Automatic : Semua nilai dari rumus excel akan dikalkulasi otomatis setiap kali ada perubahan. Update otomatis terjadi pada semua sheet dan semua file excel yang sudah dibuka
  2. Automatic Except For Data Table: Update otomatis hanya pada sel yang ada keterkaitan rumus dengan sel yang dirubah nilainya
  3. Manual: Rumus excel tidak akan dikalkulasi sebelum dihukum secara manual (menekan CTR+F9)

Dari ketiga hal di atas, penyebab kenapa rumus excel tidak bekerja dengan benar ialah lantaran calculation setting-nya di set manual. Jadi, sebetulnya rumus excel tersebut bukan tidak berfungsi, tetapi diberhentikan sementara proses kalkulasinya sebelum  diperintahkan oleh user secara manual.

Pertanyaanya: Jika default setting kalkulasi ialah Automatic. Lalu kenapa setting kalkulasi di excel anda tiba-tiba sanggup menjelma manual?

Pertama: Hal ini sanggup disebabkan lantaran anda membuka file excel dimana author atau pembuat file tersebut sengaja men-setting kalkulasi manual. Jika file tersebut dibuka pertama kali maka rumus excel dalam file lainnya yang dibuka berikutnya juga tidak sanggup terkalkulasi secara otomatis meskipun tidak di-setting manual.

Kedua: Setting kalkulasi excel menjelma manual sanggup juga disebabkan lantaran adanya mekanisme macro yang dijalankan untuk merubah calculation setting menjadi manual. Macro ini sanggup berjalan, baik dengan sepengetahuan pengguna (misalnya dengan menekan tombol tertentu) maupun tidak.

Berikut rujukan macro yang sanggup merubah secara diam-diam  setting kalkulasi menjadi manual pada ketika sebuah file yang mengandung code macro tersebut dibuka. Makara hati-hatilah dalam memakai file macro excel.

Private Sub Workbook_Open()
   Application.Calculation = xlCalculationManual
End Sub

Kedua hal penyebab perubahan seting kalkulasi menjadi manual secara tiba-tiba seringkali tidak disadari. Pengguna excel biasanya gres menyadarinya ketika menemukan nilai rumus excel tidak terupdate seketika ketika ada perubahan  pada salah satu sel yang terkait ke rumus.

Bagaimana Cara Mengatasinya?



Untuk mengakali problem ini, mungkin beberapa user yang menyarankan untuk memperbaiki satu persatu sel yang nilai nya  “tidak nyambung” dengan rumusnya. Caranya dengan menekan F2 dilanjutkan menekan ENTER.

Cara tersebut memang sanggup menghasilkan kalkulasi yang benar. Tapi ingat “hanya untuk satu sel saja” per satu kali proses, bagaimana kalau ada ribuan rumus dalam lembar kerja excel anda? Cara tersebut tentunya bukan solusi yang sempurna lantaran tidak menuntaskan akar masalahnya,  dan hanya buang-buang waktu saja.


Karena akar permasalahannya ialah seting kalkulasi, maka solusi yang sempurna ialah mengatur settingan excel dengan benar, yaitu: Ubah calculation setting menjadi Automatic


Untuk excel 2003 sanggup dilakukan melalui hidangan Tools –> Options… . Kemudian pilih tab Calculation dan pilih Automatic. Lalu tekan OK sesuai ilustrasi berikut:

Pernahkan anda mengalami kasus rumus excel yang tidak berfungsi Rumus Excel Tidak Berfungsi ? Inilah Penyebabnya!


Sedangkan untuk Excel 2007, 2010, 2013 dan 2016, seting kalkulasi sanggup dilakukan melalui Tab Formulas, kemudian klik Calculation Options dan pilih Automatic.

Perhatikan ilustrasi berikut memakai excel 2007, ini ibarat dengan excel 2010 s.d 2016

Pernahkan anda mengalami kasus rumus excel yang tidak berfungsi Rumus Excel Tidak Berfungsi ? Inilah Penyebabnya!


Merubah setting kalkulasi manual menjadi otomatis juga sanggup dilakukan memakai macro. Berikut rujukan code macro-nya:

Sub setKalkulasiOtomatis()
Application.Calculation = xlCalculationAutomatic
End Sub

Kita juga sanggup mempertahankan proses kalkulasi secara manual kalau dikehendaki. Hal ini sanggup dilakukan dengan menekan F9. Cara ini juga sangat efektif untuk memastikan bahwa penyebab rumus tidak terupdate pada excel  adalah Memang lantaran seting kalkulasi manual. Jika ada penyebab lain maka F9 tidak akan berfungsi. Seandainya ini terjadi maka perlu dicari lagi penyebab lainnya.

Rumus Excel Tidak Berfungsi Karena Circular Reference





Kasus yang satu ini pun cukup sering dialami oleh pengguna excel biasanya terjadi lantaran kesalahan yang tidak disengaja ketika mengetik atau meng-copy rumus. Jika anda mendapatkan “pesan cinta” ibarat ilustrasi berikut pada ketika bekerja dengan excel, maka dipastikan bahwa spreadsheet anda sedang mengalami problem circular reference.

Microsoft Office Excel cannot calculate a formula. Cell references in the formula refer to the formula’s result, creating a circular reference. Try one of the following:
  • If you accidentally created the circular reference, click OK. This will display the Circular Referece toolbar and help for using I to correct your formula
  • For more information about circular reference and how to work with them, click help
  • To continue leaving the formula as its, click Cancel


Pernahkan anda mengalami kasus rumus excel yang tidak berfungsi Rumus Excel Tidak Berfungsi ? Inilah Penyebabnya!

Circular Reference terjadi kalau formula dalam sebuah sel mengambil referensi dari sel itu sendiri baik secara eksklusif maupun secara tidak langsung. 

Contoh : kalau pada sel A2 dituliskan rumus =SUM(A1:A20) maka sanggup dikatakan bahwa rumus tersebut bersifat circular reference lantaran sel A2 merupakan penggalan dari range A1:A20.

Meskipun masalahnya hanya pada satu sel dan terletak dalam sheet yang berbeda.Kadang-kadang hal ini sanggup mengakibatkan problem kalkulasi pada penggalan lainnya dalam sebuah file excel.

Lalu bagaimana cara mengatasi problem Circular Reference?

Untuk mengatasi problem ini tentunya kita harus eksklusif bertindak pada akar masalahnya yaitu sel – sel yang mempunyai rumus circular reference. 

Pada ketika kita menciptakan kesalahan dengan menciptakan rumus circular reference, biasanya excel eksklusif memberitahu kita dengan “pesan cinta” ibarat ilustrasi di atas. Jika begini, kita sanggup eksklusif memperbaiki rumus pada ketika itu juga.

Namun bagaimana kalau rumus circular reference ini dibiarkan dari awal, dan kita tidak tahu lagi dimana posisi selnya? Jika kita ingin memecahkan problem ini dengan tuntas, maka mau tidak mau, biang kerok rumus circular  reference harus ditemukan. Bagaimana caranya?

Menemukan Circular Reference pada Excel 2003: 


klik hidangan View – Toolbars – Circular Reference
Pernahkan anda mengalami kasus rumus excel yang tidak berfungsi Rumus Excel Tidak Berfungsi ? Inilah Penyebabnya!

Jika circular reference tidak ditemukan dalam list toolbars, maka kita harus memunculkannya melalui customize toolbar dengan cara:

Klik hidangan View –> Toolbars –> Customize –> kemudian aktifkan ceklist circular reference
Pernahkan anda mengalami kasus rumus excel yang tidak berfungsi Rumus Excel Tidak Berfungsi ? Inilah Penyebabnya!

Setelah langkah diatas, maka akan muncul tool kafe Circular Reference:

Pernahkan anda mengalami kasus rumus excel yang tidak berfungsi Rumus Excel Tidak Berfungsi ? Inilah Penyebabnya!


Dengan memakai pemberian toolbars inilah kita sanggup menemukan biang kerok sel-sel yang mempunyai rumus circular reference. Caranya: klik kotak list yang akan mengambarkan kepada kita sel-sel yang bermasalah circular reference, pergi ke semua sel bermasalah tersebut dan perbaiki rumusnya.

Menemukan Circular Reference pada Excel 2007, 2010, 2013 dan 2016


Untuk excel versi ini caranya lebih simple lagi: Masuk ke tab Formulas –> klik Error Checking Circular References –> dijumpai list sel circular –> klik dan perbaiki rumus dalam sel-sel tersebut.

Pernahkan anda mengalami kasus rumus excel yang tidak berfungsi Rumus Excel Tidak Berfungsi ? Inilah Penyebabnya!

Ketahui akar problem dan perbaki.  Inilah apa yang ingin disampaikan penulis dari artikel excel ini. Dan untuk mengetahui akar problem excel, kita harus memahami cara kerja excel itu sendiri. Dari coretan singkat ini diperlukan sanggup menambah pemahaman kita wacana cara kerja rumus atau formula excel.

Harapan spesifik dari goresan pena ini ialah pembaca sanggup memahami kenapa rumus excel tidak berfungsi meskipun sudah dituliskan dengan benar. Dari inilah maka kita sanggup mencari solusi yang tepat, cepat dan tuntas untuk memecahkan masalahnya.

Demikian semoga bermanfaat.
Belajar Excel.. Excellent!

Artikel terkait:

Referensi:
https://support.office.com/en-US/article/remove-or-allow-a-circular-reference-8540bd0f-6e97-4483-bcf7-1b49cd50d123
https://support.office.com/en-US/article/Formula-calculation-performance-and-error-handling-options-805928AA-6FC0-4787-B41C-FCDB65113423



0 Response to "Rumus Excel Tidak Berfungsi ? Inilah Penyebabnya!"

Posting Komentar