Rahasia Cara Cepat Autosum

Bagi pengguna excel, melaksanakan penjumlahan pastilah hal yang biasa. Semua user niscaya mempunyai caranya sendiri yang disukai atau diketahui untuk melaksanakan penjumlahan. Ada yang  menggunakan rumus tambah (+), dan ada juga yang memakai fungsi SUM. Tulisan sangat singkat ini dikhususkan untuk membahas cara penjumlahan memakai fungsi SUM, terutama dengan tehnik Autosum.

Bagaimana Cara Melakukan Autosum di Excel?




Nampaknya lebih banyak didominasi pengguna excel bergotong-royong sudah mengetahui cara melaksanakan autosum yaitu dengan cara menekan tombol autosum.

 melaksanakan penjumlahan pastilah hal yang biasa Rahasia Cara Cepat Autosum

Namun tahukah anda ternyata ada cara yang lebih cepat untuk melaksanakan autosum. Cara tersebut yaitu memakai shortcut pada keyboard. Adapun shortcutnya yaitu :

ALT + =

Cara autosum memakai shortcut ALT + = inilah yang ingin ditekankan dalam kesempatan ini, alasannya yaitu saya rasa masih banyak user excel yang belum mengetahuinya.

Adapun cara melaksanakan autosum yaitu dengan cara menyeleksi sel  untuk menempatkan rumus, lalu tekan tombol  ALT + = pada keyboard. Maka secara otomatis excel akan mendeteksi bab mana dalam range exel yang akan dijumlahkan. 
Perhatikan,  contoh berikut merupakan data jumlah buah-buahan yang terjual dalam seminggu. Untuk menjumlahkan total bobot buah-buahan per hari (penjumlahan secara vertikal) yaitu dengan cara menyeleksi sel  yang akan ditempatkan rumus, anggaplan di sel C10, lalu tekan shortcut ALT +  =

 melaksanakan penjumlahan pastilah hal yang biasa Rahasia Cara Cepat Autosum

Dengan cara yang sama, kita juga sanggup melaksanakan autosum secara horizontal, contohnya tempatkan seleksi sel I3, lalu tekan ALT + =

 melaksanakan penjumlahan pastilah hal yang biasa Rahasia Cara Cepat Autosum

Perlu dicatat bahwa pada ketika melaksanakan autosum, excel akan mendeteksi otomatis range sel mana yang akan dijadikan referensi. Range biasanya akan terputus ketika menjumpai sel kosong atau sel yang berisi formula. Ilustrasi berikut menggambarkan autosum yang terputus  oleh sel yang blank.

 melaksanakan penjumlahan pastilah hal yang biasa Rahasia Cara Cepat Autosum


Salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut yaitu dengancara mengisi angka nol pada sel yang blank.

Demikian, tips singkat ini. Harapannya anda sanggup memakai jalan pintas atau shortcut CTR + = untuk melaksanakan autosum.

Semoga beranfaat.
Salam..

0 Response to "Rahasia Cara Cepat Autosum"

Posting Komentar