Cara Menggabungkan Kata Di Excel


Concatenate Untuk Menggabungkan Kata di Excel Cara Menggabungkan Kata Di ExcelHalo Teman, Belajar excel kali ini akan membahas bagaimana cara menggabungkan kata di excel.  Apakah ini penting? Penggabungan kata seringkali dibutuhkan dalam beberapa hal, contohnya untuk menggabungkan nama depan dan nama belakang.  Keterampilan menggabungkan kata juga sangat penting saat kita bekerja dengan rumus VLOOKUP, yaitu untuk menciptakan kriteria spesifik yang terdiri atas adonan beberapa  kata.

Secara garis besar, pembahasan berguru excel kali ini mencakup:

  1. Menggabungkan Kata Dengan fungsi CONCATENATE
  2. Menggabungkan Kata Dengan Menggunakan Operator Ampersand (&)
  3. Perbedaan Antara Fungsi CONCATENATE dengan Operator &
  4. Contoh Manfaat Penggabungan Kata Dalam Rumus VLOOKUP

Penggunaan fungsi CONCATENATE Untuk Penggabungan Kata




Tidaklah sulit untuk menggabungkan kata dengan rumus CONCATENATE. Cara ini sanggup dituliskan dengan syntax sebagai berikut:

=CONCATENATE(kata1,kata2,kata3,…)

Artinya: Fungsi Concatenate Dapat menggabungkan Kata1, kata2, kata3 dan seterusnya menjadi satu text yang terkumpul.

Misalnya:

Rumus :               =CONCATENATE("Cecep","Onah","Bandung")

Hasil       :               CecepOnahBandung

Untuk mendapat kombinasi text dengan jeda spasi, maka tinggal ditambahkan saja spasi sebagai salah satu parameter dalam rumus.

Rumus  :               =CONCATENATE("Cecep"," ","Onah"," ","Bandung")

Hasil       :               Cecep Onah Bandung

Atau kalau menginginkan tanda pemisah lainnya contohnya strip (-), maka tinggal disisipkan saja huruf ter tersebut ke dalam rumus, menggantikan spasi

Rumus  :               =CONCATENATE("Cecep","-","Onah","-","Bandung")

Hasil       :               Cecep-Onah-Bandung

Konsep yang sama dipakai kalau masing-masing kata yang akan digabung terdapat dalam sel atau kolom excel.

Misalnya: dalam lembar kerja excel kolom B berisi nama, kolom C berisi nama ibu kandung, dan kolom D berisi kota asal. Kolom A berisi kombinasi dari kolom B,C dan D, sehingga rumus di kolom A baris ke-2 sanggup dituliskan sebagai berikut:

=CONATENATE(B2,C2,D2)

Concatenate Untuk Menggabungkan Kata di Excel Cara Menggabungkan Kata Di Excel


Untuk menambahkan spasi atau huruf pemisah lainnya pun cukup mudah, yaitu tinggal ditambahkan saja ke dalam parameter, misalnya:

Menambahkan spasi:

=CONCATENATE(B2," ",C2," ",D2)

Menambahkan Strip atau garis datar (-)

=CONCATENATE(B2,"-",C2,"-",D2)

Silahkan dicoba memakai tanda pemisah lainnya..

Peggabungan Kata Menggunakan Operator & (Ampersand)


Untuk menggabungkan beberapa kata memakai operator & pun cukup mudah. Penulisannya ibarat rumus matematika yaitu diletakan diantara text yang akan digabungkan. Berikut pola rumusnya:

Rumus :               ="Cecep"&"Onah",&"Bandung"

Hasil       :               CecepOnahBandung

Untuk menyisipkan pemisah text pun cukup mudah:

Menyisipkan spasi:

Rumus  :               ="Cecep"&" "&"Onah"&" "&"Bandung"

Hasil       :               Cecep Onah Bandung

Menyisipkan strip / garis datar (-):

Rumus  :               ="Cecep"&"-"&"Onah"&"-"&"Bandung"

Hasil       :               Cecep-Onah-Bandung

Sama halnya dengan fungsi CONCATENATE, operator ampersand juga sanggup dipakai untuk menggabungkan text memakai rujukan sel, ibarat ilustrasi berikut:

Concatenate Untuk Menggabungkan Kata di Excel Cara Menggabungkan Kata Di Excel

Dalam pola diatas, rumus  =B2&C2&D2 dipakai untuk menggabungkan text yang berada di sel B2, C2 dan D2.


CONCATENATE vs Operator Ampersand (&)


Beberapa user masih ada yang mempertanyakan apa perbedaan antara penggunaan CONCATENATE dan Operator Ampersand. Dari segi kenyamanan, mungkin juga ada perbedaan pendapat, ada yang memandang  CONCATENATE lebih readable dan lebih gampang diedit. Ada juga yang lebih nyaman memakai ampersand.

Saya sendiri lebih suka memakai operator & sebab fasilitas untuk menggabungkan kata dengan text yang lebih komplek, contohnya kalau digabungkan dengan fungsi TEXT. Fungsi CONCATENATE biasanya saya gunakan untuk menggabungkan kata dengan rujukan yang cukup banyak tapi simple dan tidak digabung dengan fungsi text lainnya.

Secara tehnis, rumus CONCATENATE dibatasi maksimal 255 huruf (string limit), sedangkan operator ampersand tidak dibatasi. Jika anda sering memakai fungsI SUM, mungkin akan menghadapi kasus serupa dimana fungsi SUM dibatasi 255 string limit, sedangkan operator tambah (+) tidak dibatasi. Tapi hal ini sanggup diabaika, sebab pada kenyataanya sangat jarang kita perlu menciptakan rumus CONCATENATE hingga sepanjang 255 karakter.

Manfaat Penggabungan Kata Dalam Rumus VLOOKUP


Penggabungan kata dalam rumus VLOOKUP sangat penting untuk difahami. Ini sangat dibutuhkan untuk mendapat kriteria spesifik sehingga sanggup dimasukan sebagai parameter lookup_value dalam rumus. Penjelasan lebih detail wacana rumus VLOOKUP sanggup dibaca di Penjelasan VLOOKUP dan Contohnya

Contoh sederhana, melanjutkan ilustrasi diatas, contohnya kita mempunyai list beberapa orang dengan nilai hutangnya. Untuk mendapat nilai hutang dengan cepat memakai rumus VLOOKUP, kita sering dihadapkan pada hambatan bahwa ada beberapa orang yang mempunyai nama yang sama. Jika ada nama yang sama, maka VLOOKUP hanya akan sanggup membaca nama yang dijumpai paling atas dalam tabel.

Nah untuk mengatasi persoalan ini, maka  perlu dibentuk rumus sehingga sanggup ditentukan kriteria yang spesifik. Dalam pola kasus ini yaitu kriteria spesifik yang merupakan kombinasi antara nama, nama ibu dan alamat.

Perhatikan ilustrasi berikut:

Concatenate Untuk Menggabungkan Kata di Excel Cara Menggabungkan Kata Di Excel


Kolom A  pada tabel dipakai untuk menyimpan kriteria spesifik kombinasi antara nama, nama ibu, dan kota asal. Kemudian perhatikan rumus pada B12 dipakai untuk mendapat nilai hutang dari orang yang sudah diketahui namanya, nama ibu kandungnya dan alamatya.

Ada banyak manfaat lainnya dari penggabungan kata ini. Diantaranya yaitu menggabungkan isi dari beberapa sel menjadi satu sel saja, selanjutnya juga sanggup menggabungkan dua Kolom Atau Lebih 

Demikian goresan pena singkat ini, mudah-mudahan bermanfaat. 
Salam                     


Artikel Terkait :

Referensi:

0 Response to "Cara Menggabungkan Kata Di Excel"

Posting Komentar