Pivottable Excel 2003 - Menciptakan Summary Dengan Sekejap

Cara Membuat Pivot Table Sederhana Dengan Excel 2003


Cara Membuat Pivot Table Sederhana Dengan Excel  PivotTable Excel 2003 - Membuat Summary Dengan Sekejap
Pembaca yang budiman, dalam postingan sebelumnya saya pernah menulis wacana 3 Fitur Canggih di Excel Yang Sangat Berguna Mempercepat Penyelesaian Tugas. Salah satu fitur canggih tersebut yakni PivotTable.

Sangat disayangkan, masih banyak diantara pengguna excel yang mengabaikan keberadaan pivotTable di excel, padahal kemudahan excel yang satu ini sangat berkhasiat untuk menciptakan laporan berupa summary dan rekapitulasi data serta sanggup mengextract info dari database yang sangat besar dengan cara yang begitu cepat, bahkan sekejap. Nah , dalam kesempatan kali ini akan dijelaskan bagaimana cara menciptakan pivot table sederhana memakai  excel 2003.


Kenapa Excel 2003


Meskipun excel versi ini di release 14 tahun yang silam (dihitung dari waktu postingan ini ditulis), namun nampaknya penggunanya masih cukup besar pada ketika ini, termasuk saya…





Selain itu ada perbedaan tehnis yang cukup signifikan antara cara memakai pivot table di excel 2003 dibandingkan dengan versi excel yang lebih moderen. Oleh sebab itu saya memandang perlu untuk menulis cara penggunaan pivot table excel 2003 secara khusus.

Baiklah, supaya klarifikasi lebih gampang difahami dan dikarenakan pembuatan pivot table akan terasa keuntungannya jikalau bekerja dengan data yang cukup besar, maka saya sarankan kepada anda untuk mendownload terlebih dahulu pola data yang akan dipakai dalam tutorial excel pivot table ini.

Silahkan download pola sumber data pivotTable Excel 2003

Baiklah, jikalau data sudah didownload, mari kita lanjutkan pembahasan berikutnya:

Perhatikan pola data awal yang sudah anda download. Lihat sheet “Data”

Saya sudah menyiapkan pola data yang terdiri atas 3335 baris, dan gotong royong kita sanggup mengolah data yang jauh lebih banyak dari angka tersebut hingga baris 66536 yang merupakan baris maksimal dalam lembar kerja excel 2003.

Oke, kita lanjutkan.. pola data yang akan kita olah dengan pivot tabel berupa data lembur karyawan per hari selama setahun.

Perhatikan screenshot pola sumber data tersebut:



Selanjutnya kita akan menciptakan summary dari data diatas menjadi menyerupai dibawah ini.




Bayangkan seandainya anda belum menguasai pivot table?

Berapa usang waktu yang anda perlukan untuk menciptakan data summary tersebut?

Dengan pivotTable, kita sanggup menciptakan summary data tersebut dengan waktu tidak lebih dari 3 menit.

Mari kita buktikan.

Tutorial Langkah-Langkah Membuat Pivot Table Sederhana di Excel 2003


  • Buka contoh, sheet data,  seleksi tabel data lembur yaitu range (A1:G3335), anda sanggup melakukannya secara cepat dengan menyeleksi sel A1 terlebih dahulu, lalu tekan CTR + SHIFT + Panah Kanan + Panah Bawah.
  • Kemudian klik hidangan Data, selanjutnya klik PivotTable and PivotChart Report… sesuai sceenshot berikut:





  • Selanjutnya akan muncul penampakan form berikut:



  • Langsung saja klik Finish, maka hasilnya table pivot akan terbentuk menyerupai penampakan selanjutnya menyerupai gambar dibawah ini:





  • Sampai pada tahap ini, kita sudah berhasil menciptakan pivot table, meskipun masih kosong.
  • Perhatikan pivot table Field List yang biasanya muncul secara otomatis di kepingan kanan lembar kerja excel ketika sel aktive diletakan di area pivot table. 
    • Nama field tersebut mengambil dari label kolom di data awal.
  • Selanjutnya lakukan drop & drag field yang akan dibentuk summarynya menyerupai ilustrasi berikut:
    • Field Bulan Drag dan Drop ke kepingan Column Fields
    • Field Grup Jabatan Drag dan Drop ke kepingan Row Fields
    • Field Jam Lembur: Drag dan Drop ke kepingan Data Items




  • Dan hasilnya yakni : 



  • Terbukti: Summary sudah sanggup dibentuk dengan waktu yang sangat singkat.
  • Pada pola diatas, table pivot pribadi menunjukkan info jumlah (SUM) jam lembur per grup jabatan per bulan.
  • Di komputer anda mungkin yang muncul bukan SUM, tapi COUNT. Jika demikian lakukan hal berikut
  • Klik kanan pada are data  pivottable (area berisi data jumlah lembur, di sel mana saja terserah anda), lalu pilih field setting. lihat ilustrasi berikut:




  • Selanjutnya akan muncul obrolan box pivot table field, dan lakukan langkah berikut:
  • Pada kotak list summarize by, pilih SUM
  • Kemudian ganti nama data, contohnya menjadi “Jumlah Jam Lembur
  • Tekan OK



  • Selanjutnya lakukan edit format  seperlunya sehingga tampilan tabel dan bilangan lebih nyaman dilihat.
  • Selesai, dan inilah pola hasil akhirnya:





Hal yang perlu diperhatikan  seputar pivot table


Sumber data

  • Data orisinil berupa tabel yang terdiri atas beberapa kolom.
  • Header tabel hanya diperbolehkan terdiri atas satu baris saja
  • Header kolom dihentikan berupa sel yang dimerger.
  • Label pada header kolom akan menjadi nama field dalam pivot table.


Pivot Table:

  • Dalam derma nama data tidak sanggup sama dengan nama field di sumber data, Misalnya, kita tidak sanggup "Sum of Jam Lembur" menjadi "Jam Lembur" sebab nama "Jam Lembur" sudah dipakai sebagai nama field. Untuk mengakalinya, kita sanggup menambahkan spasi contohnya "Jam Lembur " dengan satu spasi dibelakangnya.

---

Demikian klarifikasi dan pola singkat bagaimana memakai excel 2003 untuk menciptakan pivot table berupa summary dan rekapitulasi data lembur dengan sangat cepat. Fasilitas ini sangat dianjurkan untuk dikuasai terutama jikalau anda berkutat dengan excel untuk mengelola database excel yang sangat banyak. 

Pada pembahasan kali ini memang belum mengulas secara detail bagaimana memaksimalkan manfaat penggunaan pivot table. Tapi setidaknya sanggup menambah pengetahuan kita mengenai tehnik pivot table sederhana. Untuk detail pembahasan pivot table, masih sedang saya persiapkan untuk menulisnya…😊

Demikian agar bermanfaat.
Belajar Excel..! Excellent!


Artikel Terkait:







0 Response to "Pivottable Excel 2003 - Menciptakan Summary Dengan Sekejap"

Posting Komentar