Fungsi Sum Dan Rumus Penjumlahan Pada Excel

Penjelasan Lengkap Rumus Penjumlahan Pada Excel





Penjelasan Lengkap Rumus Penjumlahan Pada Excel Fungsi SUM dan Rumus Penjumlahan Pada Excel
Ada banyak cara untuk melaksanakan penjumlahan pada Microsoft Excel. Cara yang paling sederhana ialah dengan memakai rumus matematika dengan operator tambah (+). Selain itu juga sanggup memakai fungsi SUM dan SUBTOTAL untuk menjumlahkan data dalam sekumpulan sel, serta fungsi SUMIF, SUMIFS, SUMPRODUCT dan Rumus Array untuk melaksanakan penjumlahan bersyarat. Postingan ini mudah-mudahan sanggup melengkapi khazanah pemahaman kita mengenai beberapa alternative tehnik dan rumus penjumlahan ms excel.

Okey-lah pribadi saja ke pokok pembahasan. Secara garis besar, catatan pelajaran excel kali ini akan membahas:





Mari kita bahas satu persatu:

Cara Cepat Untuk Mengetahui Hasil Penjumlahan Di Excel Dengan Memanfaatkan Status Bar




Sebelum melangkah lebih lanjut, perlu diketahui bahwa tolong-menolong kita sanggup mengetahui dengan cepat hasil penjumlahan bilangan pada range sel.

Caranya sederhana yaitu cukup dengan menyeleksi range sel dimaksud memakai mouse, kemudian perhatikan status kafetaria pada pecahan bawah kanan jendela excel.

Disitu kita sanggup menemukan keterangan SUM diikuti bilangan yang merupakan hasil penjumlahan data numerik pada kumpulan sel yang diseleksi. Berikut screenshot contohnya :

Penjelasan Lengkap Rumus Penjumlahan Pada Excel Fungsi SUM dan Rumus Penjumlahan Pada Excel

Perhatikan bahwa status kafetaria tetap memperlihatkan informasi hasil penjumlahan range yang diseleksi meskipun dalam range tersebut ada sel yang berisi text.

Untuk mendapat hasil penjumlahan yang bersifat permanen, maka kita harus menciptakan rumus penjumlahan yang diketikan di sel excel. Ada beberapa tehnik excel seputar penjumlahan. Mari kita explorasi lebih lanjut.

Bagaimana Cara Melakukan Penjumlahan di Excel Menggunakan Rumus Matematika Sederhana


Ini merupakan cara yang paling sederhana untuk melaksanakan penjumlahan di Excel. Anggaplah menyerupai memanfaatkan Excel sebagai kalkulator, penjumlahan cukup memakai operator tambah (+) menyerupai normalnya menciptakan rumus matematika.

Cara pertama : Mengetikan pribadi bilangan pada rumus excel

=1+2+3

Cara kedua : Menyimpan bilangan pada sel excel, kemudian menciptakan rumus penjumlahan dengan memakai acuan sel. Contoh berikut merupakan rumus excel untuk menjumlahkan bilangan yang ada pada sel A2, A3, dan A4.

=A2+A3+A4

Perhatikan bahwa penggunaan operator tambah (+) dalam penjumlahan di excel mengharuskan penambahan acuan masing-masing sel satu persatu meskipun sel-sel tersebut posisinya berurutan dan berada dalam satu baris atau kolom di excel yaitu: A2, A3, dan A4.

Jika hanya ada dua atau tiga sel, cara tersebut cukup gampang dipakai untuk mendapat hasil penjumlahan dengan cepat. Namun jikalau data yang akan dijumlahkan berada dalam range yang terdiri atas puluhan, ratusan atau bahkan ribuan sel, maka penggunaan rumus tersebut menjadi tidak efisien.

Solusi yang sempurna untuk mengatasi dilema ini ialah beralih ke penggunaan fungsi SUM.

Bagaimana Cara Menggunakan Fungsi SUM di Excel


Fungsi SUM berada dalam grup Math & Trig dan merupakan salah satu fungsi yang paling sering dipakai di excel. Fungsi SUM ini sanggup dituliskan dengan Syntax sebagai berikut;

SUM(number1, [number2] ,...)

Perhatikan, tolong-menolong fungsi SUM hanya mewajibkan argumen pertama saja yaitu number1. Sedangkan argumen ke-dua dan argumen berikutnya bersifat opsional. Ini berarti fungsi SUM sanggup bekerja untuk menjumlahkan meski hanya memakai satu acuan berupa range cell. Hal ini sangat berbeda dengan penggunaan operator tambah yang harus memasukan acuan satu persatu atas sel yang nilainya akan dijumlahkan meskipun sel terebut berada dalam range yang kontinyu.

Sebagai info perhiasan bahwa excel ternyata membatasi jumlah argumen hingga 255 dalam satu formula SUM. Untungnya, dalam prakteknya sangat jarang kita perlu memakai argument sebanyak itu. Bahkan mungkin lebih banyak pengguna excel yang memakai satu atau dua argumen saja dalam rumus SUM.

Di dalam formula SUM, masing-masing argument sanggup berupa bilangan positif atau negatif, sanggup juga berupa range atau acuan sel. Contohnya:

Rumus
Keterangan
=SUM(10,3,-8)
Rumus SUM memakai bilangan yang pribadi diketikan sebagai argumen fungsi.
=SUM(B6,B10,B15)
Rumus SUM untuk menjumlahkan bilangan yang berada di sel B6, B10 dan B15.
=SUM(B6,B10,B15,3,-10)
Rumus SUM dengan kombinasi bentuk argumen acuan dan nilai langsung, untuk menjumlahkan bilangan yang berada di sel B6, B10 dan B15 dan ditambahkan bilangan 3 dan -10
=SUM(B1:B200)
Rumus SUM untuk menjumlahkan semua bilangan yang berada pada range B1:B200, atau data pada kolom B, baris pertama hingga baris 200. Ini sangat berkhasiat untuk menjumlahkan semua nilai pada range kolom yang kontinyu sehingga cukup memakai satu acuan saja.
=SUM(A2:A4,A8:A9)
Rumus SUM untuk menjumlahkan bilangan yang ada pada range A2:A4 dan A8:A9. Ini berkhasiat jikalau kita ingin menjumlahkan data pada range yang tidak kontinyu.
=SUM(A2:A4,A8:A9,2,C3)
Rumus SUM dengan kombinasi bentuk argumen acuan range, sel tunggal dan bilangan langsung, yaitu untuk menjumlahkan bilangan pada range A2:A4, A8:A9, bilangan 2 dan bilangan pada sel tunggal C3



Dalam pekerjaan nyata, fungsi SUM di excel sering dipakai sebagai salah satu pecahan dari formula yang lebih komplek.

Sebagai contoh, kita sanggup menyertakan fungsi SUM untuk mengisi argumen value_if_true di dalam fungsi IF untuk menjumlahkan bilangan di kolom B, C dan D jikalau tiga sel pada baris yang sama masing-masing mempunyai value, dan memperlihatkan peringatan jikalau ada salah satu sel atau lebih yang kosong.

=IF(AND(C3<>"",D3<>"",E3<>""),SUM(C3:E3),"Data Tidak Lengkap")

Penjelasan Lengkap Rumus Penjumlahan Pada Excel Fungsi SUM dan Rumus Penjumlahan Pada Excel


Bagaimana Cara Melakukan Autosum di Excel – Penjumlahan Cepat Range Secara Vertikal dan Horizontal


Alih-alih mengetikan rumus secara langsung, Excel ternyata sudah memperlihatkan kemudahan untuk menciptakan rumus SUM secara otomatis memakai kemudahan Autosum

Caranya sangat mudah, cukup dengan menyeleksi sel berikutnya sehabis sel terakhir dalam range kolom maupun baris untuk menempatkan rumus. Kemudian pergi ke tab HOME, pecahan group editing. Dan tekan tombol Autosum, maka otomatis sebuah formula SUM akan disisipkan.



Perhatikan screenshot diatas. Anda sanggup mencobanya dengan data serupa. Seleksi sel E9, kemudian tekan tombol autosum (∑). Maka secara otomatis, exel akan menyisipkan fungsi SUM, sekaligus besama argumen berupa acuan sel yang akan dijumlahkan bilangannya. Biasanya excel pribadi memperlihatkan acuan yang sempurna untuk dijumlahkan jikalau data kontinyu, tidak terputus oleh sel kosong maupun type data yang berbeda.

Silahkan dicoba memakai proses yang sama pada sel D9 dan perhatikan apa yang terjadi. Referensi yang disarankan autosum ialah range D7:D8. Hal ini terjadi lantaran data terputus oleh adanya sel kosong pada sel D6. Kita sanggup mengeditnya dengan menggeret acuan memakai mouse.

Silahkan dicoba juga memakai proses yang sama pada sel F3 dan sel lainnya pada kolom jumlah dan perhatikan apa yang terjadi. Secara otomatis fungsi SUM akan disisipkan dan mengambil acuan sel di sebelah kiri dan akan dibatasi sel dengan type yang berbeda, sel kosong atau rumus lainya (jika ada)

Tips! Cara yang lebih cepat dan sangat disarankan bagi anda untuk melaksanakan autosum di excel ialah dengan memakai shortcut ALT + = . Cukup tekan tombol ALT di keyboard, kemudian tekan tanda samadengan (=), maka otomatis formula SUM akan disisipkan.

Penjelasan barusan juga sanggup menjawab bagaimana cara menjumlahkan data secara vertikal dan horizontal dengan cepat. Selain melaksanakan kalkulasi total penjumlahan (fungsi SUM), kita juga sanggup memakai autosum untuk menyisipkan fungsi lainnya secara otomatis, menyerupai fungsi AVERAGE, COUNT, MAX, dan MIN.


Cara Menjumlahkan Secara Vertikal Semua Data di Kolom Tanpa Pengecualian atau Tanpa Batasan Baris





Penjumlahan data dengan cara ini diharapkan jikalau banyaknya baris data dalam kolom bersifat dinamis atau berubah terus. Cara menciptakan rumus untuk kasus ini ialah dengan memakai acuan kolom tanpa memakai batas baris paling atas atau bawah dalam kolom.

Misalnya: Untuk menjumlahkan semua data numerik di kolom C, kita sanggup memakai rumus berikut:

=SUM(C:C)

Pehatikan cara penulisan acuan yaitu C:C tanpa angka. Hal ini membuktikan bahwa acuan berupa keseluruhan baris dalam kolom C tanpa batas atas maupun bawah.

Penting diperhatikan bahwa dalam kasus ini kita tidak sanggup menempatkan rumus SUM pada kolom yang sama dengan referensi. Misalnya ketika kita ingin melaksanakan penjumlahan data di kolom C, maka jangan menempatkan rumus di kolom C.

Kenapa tidak boleh? Karena hal tersebut akan menimbulkan circular reference dan formula akan menghasilkan bilangan nol. Circular reference ini timbul lantaran sel memakai rumus SUM dengan acuan sel itu sendiri menjadikan proses kalkulasi berputar atau terus menerus lantaran saling menghipnotis

Penjelasan Lengkap Rumus Penjumlahan Pada Excel Fungsi SUM dan Rumus Penjumlahan Pada Excel

Pada pecahan kiri screenshot diatas menggambarkan bagaimana rumus =SUM(C:C) menghasilkan nilai Nol jikalau ditempatkan pada sel C8. Hal ini disebabkan circular reference. Sebagai solusinya maka rumus =SUM(C:C) harus ditepatkan di kolom lain contohnya pada sel D8 menyerupai pola diatas (yang sebelah kanan)

Menjumlahkan Secara Vertikal Satu Kolom Penuh Dengan Beberapa Pengecualian Baris Tertentu


Membuat rumus yang menjumlahkan data keseluruhan baris dalam sebuah kolom excel sesuai pola sebelumnya sanggup menjadi solusi jikalau baris data dalam kolom bersifat dinamis dan bertambah atau berubah terus.

Dan pada pola sebelumnya kita sanggup mengetahui bahwa rumus SUM(C:C) akan mengabaikan text header dalam perhitungan, sehingga meskipun header merupakan pecahan dari referensi. Rumus tetap sanggup bekerja dengan baik dan menghasilan penjumlahan yang benar.

Masalah akan timbul jikalau header berupa bilangan atau ada baris tertentu yang nilainya tidak ingin dijumlahkan. Maka rumus tersebut akan juga menjumlahkan bilangan yang ada di kolom C meskipun tolong-menolong tidak dikehendaki. Hal ini mengakibatkan hasil penjumlahan tidak lagi relevan. Maka sebagai solusinya maka kita harus menciptakan rumus supaya baris tertentu tidak diperhitungkan atau dikeluarkan dari penjumlahan.

Sangat disayangkan, Excel tidak mengizinkan penggunaan batas baris hanya atas atau bawah saja. Excel hanya mengizinkan batas atas dan bawah harus ada keduanya atau tidak ada sama sekali. Makanya penulisan rumus dengan acuan C2:C dalam rumus Excel tidak sanggup diterima.

Sebagai solusinya maka sanggup dilakukan pengurangan dengan rumus sesuai ilustrasi berikut:


Penjelasan Lengkap Rumus Penjumlahan Pada Excel Fungsi SUM dan Rumus Penjumlahan Pada Excel


Perhatikan ilustrasi diatas. Pada pecahan kiri, nilai yang dihasilkan oleh rumus =SUM(C:C) tidak relevan lantaran rumus tersebut juga ikut menjumlahkan bilangan pada baris 2 dan 3 yang merupakan sasaran maksimal dan minimal penjualan. Sebagai solusinya maka kita harus menyisipkan rumus perhiasan untuk mengurangkan bilangan yang ada di baris 2 dan 3. Sehingga rumus menjadi =SUM(C:C)-SUM(C1:C3)

Selain dengan cara diatas, kita juga sanggup secara explisit memakai batas baris minimum dan baris maksimum dalam acuan supaya baris tertentu tidak diperhitungkan dalam penjumlahan. Ada perbedaan baris maksimun antar excel versi usang (2003 ke bawah) dan excel versi gres (2007 ke atas) yaitu:

Pada Excel 2013 dan sebelumnya: baris maksimum = 65536
Rumus sanggup dituliskan =SUM(C4:C65536)

Pada Excel 2007, 2010, 2013 dan 2016:baris maksimum = 1048576
Rumus sanggup dituliskan  =SUM(C4:C1048576)


Cara Menjumlahkan Data Secara Horizontal (Penjumlahan Ke Samping) di Excel


Sebagaimana penjumlahan data vertikal pada kolom, kita juga sanggup memakai fungsi SUM atau AutoSum untuk menjumlah data ke samping secara horizontal pada baris.

Sebagai contoh, untuk menambahkan nilai pada sel C3 s.d E3 (pada baris 3) maka sanggup dipakai rumus sebagai berikut:

=SUM(C3:E3)

Penjelasan Lengkap Rumus Penjumlahan Pada Excel Fungsi SUM dan Rumus Penjumlahan Pada Excel


Cara Menjumlahkan Data Pada Beberapa Kelompok Baris di Excel


Untuk menambahkan masing-masing baris secara individual, caranya mudah, cukup dengan drag rumus SUM pada baris pertama dalam tabel. Selain itu sanggup juga dengan cara copy paste.

Seandainya diinginkan rumus yang sanggup dicopy ke kolom lain dengan tanpa merubah acuan kolom, maka rumus tersebut harus menerapkan tanda dolar $ pada kolom. Perhatikan pola berikut:

=SUM($B2:$D2)

Untuk menjumlahkan nilai dalam range yang terdiri atas beberapa baris, mudahsaja yaitu dengan cara memakai range tersebut dalam formula. Misalnya:

=SUM(C3:E6) - Menjumlahkan bilangan Pada Baris 2 to 6, kolom C s.d E
=SUM(C3:E5, C6:E6) - Menjumlahkan bilangan pada bairis 2,3,5 dan 6 kolom C s.d E


Cara Menjumlahkan Secara Horizontal Seluruh Data dalam Baris Penuh Tanpa Pengecualian


Seperti halnya menjumlahkan data numerik pada kolom penuh, Kita juga sanggup menjumlahkan semua data numerik yang ada dalam baris penuh. Caranya ialah dengan memakai acuan baris penuh (tanpa memakai kolom dalam referensi). Seperti pola berikut:

=SUM(2:2)

Catatan: Secara praktikal, kita tolong-menolong tidak perlu mengetikan acuan secara langsung. Cukup ketikan saja =SUM( kemudian dengan memakai mouse pilih baris penuh yang akan dijadikan referensi. Kemudian tekan enter.

Dan perlu diingat juga, bahwa kita tidak sanggup menempatkan rumus SUM untuk baris penuh pada sel di baris yang sama dengan referens. Karena hal ini akan mengakibatkan circular reference.

Seperti halnya penjumlahan vertikal kolom penuh pada basan di pecahan atas, Kita  juga sanggup memastikan supaya beberapa kolom tertentu tidak ikut terjumlahkan dengan dara  mengurangkan penjumlahan baris penuh dengan penjumlahan beberapa sel yang tidak dikehendaki. Sehingga rumus sanggup dimodifikasi menjadi menyerupai berikut:

=SUM(2:2)-SUM(A2:B2)

Bagaimana Cara Menampilkan dan Menggunakan Baris Total pada Pada Tabel


Jika data disusun dalam bentuk tabel (data tabel). maka kita sanggup memanfaatkan fitur Total Row yang sanggup dengan cepat menjumlahkan data pada tabel dan menampilkan data total pada baris terakhir.

Catatan: jangan dibingungkan dengan istilah Data Table. Sejatinya excel dipakai untuk menciptakan tabel dan anda sanggup mengklaim sudah menciptakan tabel di exel. Namun tidak semua tabel ialah Data Table dalam pengertian konsepsional di exel. Istilah Data Table mulai diperkenalkan di excel 2007 dan merupakan pengembangan dari excel list pada excel versi sebelumnya.

Manfaat yang besar ketika memakai tabel exel ialah bahwa ia sanggup melaksanakan auto expand untuk memasukan baris yang baru, sehingga setiap ada data gres yang diinput dalam tabel akan masuk ke formula secara otomatis. Pelajari lebih lanjut 10 Fitur Paling Bermanfaat di Excel Table.

Untuk mengkonversi range sel menjadi data tabel, seleksi range tersebut kemudian lakukan salah satu cara berikut:

Cara pertama : Tab Insert , kemudian tekan tombol table, dan klik Ok

Cara Kedua : Tekan CTR+T , kemudian tekan Ok.

Cara Menampilkan Total Row Pada Data Tabel


Anggaplah anda sudah mengerti mengenai data table. Anda sanggup dengan gampang untuk menyisipkan penjumlahan pada baris total:

Pilih salah satu sel yang merupakan pecahan dari data tabel sehingga ribbon excel menampilkan Table Tools dan Tab Design

Di design Tab, pada grup Table Style Options, seleksi Total Row Box, maka otomatis baris total akan terbentuk sekaligus rumus total pada kolom jumlah yaitu:

Penjelasan Lengkap Rumus Penjumlahan Pada Excel Fungsi SUM dan Rumus Penjumlahan Pada Excel


Cara lain untuk menambahkan baris total di excel ialah dengan cara klik pada sebarang dalam data tabel, klik kanan, kemudian klik Tabel , dan klik Total Rows.

Perhatikan ilustrasi berikut, cara ini juga sanggup dipakai jikalau anda masih memakai excel 2003 pada data list.

Penjelasan Lengkap Rumus Penjumlahan Pada Excel Fungsi SUM dan Rumus Penjumlahan Pada Excel


Cara Menggunakan Total Row pada Data Tabel


Berikutnya sehabis berhasil memunculkan baris total pada data table. Kita sanggup melihat bahwa total penjumlahan tercipta secara otomatis pada kolom jumlah saja yaitu pada kolom paling kanan. Untuk mendapat nilai penjumlahan kolom lainnya lakukan seleksi dropdown list pada sel bekenaan dan kemudian pilih Sum.

Anggaplah anda bermaksud menjumlah kan data pada kolom Januari, maka anda seleksi sel pada baris total, kolom Januari, yaitu sel C9. Dalam sel tersebut akan menemukan dropdown list. Klik dropdown list tersebut, kemudian pilih Sum. Maka otomatis muncul rumus penjumlahan memakai fungsi SUBTOTAL pada sel tersebut.

Penjelasan Lengkap Rumus Penjumlahan Pada Excel Fungsi SUM dan Rumus Penjumlahan Pada Excel


Dengan cara yang sama, silahkan dicoba pada kolom lainnya untuk mendapat total penjualan di bulan Februari dan Maret.

Perhatikan kembali dropdown list pada baris total data tabel. Ternyata selain mendapat nilai penjumlahan, kita juga sanggup melaksanakan kalkulasi untuk keperluan lainya menyerupai mencari nilai rata-rata, menghitung banyaknya data, mendapat nilai maksimum dan minimum dan beberapa fungsi lainnya.

Seandainya tidak diperlukan, jumlah total juga sanggup dihilangkan kembali dengan cara klik dropdown list pada baris total, kemudian None.

Perlu diingat: Ketika memakai fitur total row pada data table excel. Penjumlahan total tersebut hanya mengkalkulasi sel yang tampak saja. Untuk sel yang disembunyikan tidak dikalkulasi. Penjumlahan dengan mengabaikan sel tersembunyi tersebut dikarenakan fitur total row secara otomatis menyisipkan fungsi SUBTOTAL, dengan argumen pertama 109. Silahkan dibaca klarifikasi lebih lanjut dalam artikel wacana SUBTOTAL.

Jika anda menginginkan penjumlahan, baik data yang terlihat maupun yang disembunyikan, jangan memakai total row, tetapi gunakanlah fungsi SUM


Cara Menjumlahkan Data dalam Sel yang difilter atau yang Tampak Saja





Untuk melaksanakan analisa data yang lebih efektif, terkadang kita perlu melaksanakan filter untuk menampilkan dan menyembunyikan data tertentu pada worksheet. Dan terkadang kita juga perlu melaksanakan kalkulasi pada data terfilter atau data yang kelihatan saja.

Dan untuk kasus ini kita tidak sanggup menjumlahkan memakai fungsi SUM lantaran fungsi ini juga akan menjumlahkan data termasuk data pada baris yang disembunyikan.

Ada beberapa cara yang sanggup dilakukan untuk filter data di excel diantaranya memakai data tabel dan auto fiter.

1. Penjumlahan pada Data Table


Jika anda menginginkan penjumlahan pada visible sel, cara tercepat ialah memakai fitur excel Total Row tapi dengan syarat data range harus diconvert terlebih dahulu menjadi data table, sebagaimana sudah dicontohkan pada pecahan sebelumnya.

Dengan mengaktivkan Total Row di data tabel, maka otomatis excel akan menyisipkan fungsi SUBTOTAL pada data tabel baris terakhir. Uniknya, fungsi ini akan mengabaikan data pada baris yang di sembunyikan sehingga hanya menjumlahkan data yang tampak saja. Perhatikan ilustrasi berikut:

Penjelasan Lengkap Rumus Penjumlahan Pada Excel Fungsi SUM dan Rumus Penjumlahan Pada Excel


Contoh ilustrasi diatas memakai data dalam bentuk data table sehingga kita sanggup menyisipkan fungsi SUBTOTAL tanpa harus mengetikan langsung. Tetapi cukup dengan menentukan Sum pada dropdown list (lihat tanda segitiga disamping kanan sel pada baris total) atau dengan memakai dengan mengaktifkan Total Row melalui pada Tab Design, kelompok Table Style Option.

Untuk menyisipkan fungsi SUM pada data table sanggup dengan cara ketik pribadi atau klik dropdown list, kemudian klik More Function… dan pilih SUM

INGAT! Beda antara Sum dengan SUM di Data Table

  • Pada ketika kita klik Sum di dropdown list maka excel akan menyisipkan rumus SUBTOTAL pada Total Row
  • Tapi kalau kita klik More Function… kemudian pilih SUM (huruf kapital semua), maka excel akan menyisipkan rumus SUM pada Total Row.


2. Penjumlahan Dalam Mode Auto Filter

Selain memakai Data Tabel, Cara lainnya untuk melaksanakan filter di excel ialah mengunakan fitur autofilter. Pada excel 2007 ke atas, autofilter sanggup dimunculkan dengan menekan shortcut CTR+Shift+L, sedangkan pada excel 2003 (juga semua versi excel yang lebih modern) dengan cara menekan Alt-D-E-F

Berbeda dengan Data Table dimana kita sanggup memakai santunan dropdown list untuk menyisipkan rumus penjumlahan. Di Autofilter, kita harus mengetikan rumus penjumlahan secara langsung. Karena hasil yang dikehendaki ialah penjumlahan dari range yang tampak saja, maka gunakanlan fungsi SUBTOTAL.

Karena mengetikan rumus secara langsung, maka setidaknya kita harus memahami terlebih dahulu syntax dan cara kerja Fungsi SUBTOTAL. Fungsi ini sanggup dituliskan dengan syntax sebagai berikut:

SUBTOTAL(function_num, ref1, [ref2],...)

Dimana Function_num ialah bilangan dari 1 s.d 11 atau dari 101 s.d 111 yang bersifat khusus dipakai untuk subtobal, klarifikasi mengenai bilangan tersebut sanggup dilihat di support.office.com,

Perbedaan Nomor 9 dan 109 Dalam Fungsi SUBTOTAL:



Untuk kini kita hanya tertarik pada nomor fungsi yang didefinisikan dengan bilangan 9 dan 109. Kedua bilangan tersebut sama-sama dipakai untuk memfilter atau mengabaikan data dalam baris tersembunyi dalam proses penjumlahan. Perbedaanya ialah nomor fungsi 109 mengabaikan semua baris tersembunyi termasuk baris yang di-hide secara manual (misalnya dengan right click > hide), sedangkan 9 hanya mengabaikan baris sel yang disembunyikan dalam mode autofilter saja.

Jika diinginkan penjumlahan data pada baris yang kelihatan saja, terlepas dari bagaimana cara baris disembunyikan, baik memakai autofilter maupun hide manual, maka 109 ialah nomor yang sempurna dipakai sebagai argumen pertama (function_num) dalam rumus SUBTOTAL.

Ref1, Ref2, merupakan range atau sel yang dijadikan sebagai acuan untuk dilakukan operasi SUBTOTAL. Minimal ada satu Referensi dalam fungsi SUBTOTAL, selebihnya excel mengizinkan hingga 254 referensi. Silahkan jikalau anda mau mencobanya dengan acuan sebanyak itu :-)

Berikut pola penggunaan fungsi SUBTOTAL untuk menjumlahkan data pada range C3:C10

=SUBTOTAL(109, C3:C10)

Penjelasan Lengkap Rumus Penjumlahan Pada Excel Fungsi SUM dan Rumus Penjumlahan Pada Excel


Selanjutnya silahkan dicoba filter untuk mengetahui jumlah penjualan jeruk saja:



Perhatikan bahwa baris rumus SUBTOTAL hanya menjumlahkan nilai pada sel yang kelihatan saja, meskipun acuan range C3:C10 meliputi sel yang disembunyikan.

Tips: Menyisipkan Fungsi SUBTOTAL Menggunakan AutoSum

Jika data sudah diorganisir dalam bentuk data tabel atau autofilter, tolong-menolong kita sanggup memakai fitur Autosum untuk menyisipkan rumus SUBTOTAL secara otomatis. Seleksi sel pada baris Total, kemudian pilih salah satu cara berikut:

• Tekan ALT + =

atau

• Dari Tab HOME, tekan tombol autosum ∑

Maka otomatis rumus SUBTOTAL akan disisipkan ke dalam sel.

Jika data diorganisir dalam mode data tabel maka fitur Autosum akan menyisipkan rumus SUBTOTAL dengan argumen function_num 109. Sedangkan jikalau mode autofilter, maka function_num = 9.

Perhatian! Jika data tidak diorganisir dalam bentuk data table dan autofilter, atau auto filter tetapi belum dilakukan action untuk memfilter, maka secara default autosum akan menyisipkan rumus SUM, bukan SUBTOTAL.


Bagaimana Cara untuk Penjumlahan Data Sampai Dengan Atau Running Total di Excel


Dalam kehidupan nyata, seringkali kita harus menghitung berapa jumlah nilai yang terus bergerak setiap waktu. Misalnya: Berapa penjualan hingga dengan hari ini, atau berapa produksi hingga dengan bulan ini. Di excel, kita sanggup mengkalkulasinya memakai rumus penjumlahan hingga dengan ketika ini atau running total.

Anggap saja, kita ingin mengetahui sudah berapa banyak hasil penjualan buah lengkeng dari awal bulan hingga dengan hari ini. Untuk penjumlahan penjualan hingga dengan di excel tersebut sanggup dilakukan dengan beberapa cara, diantaranya:

1. Menggunakan Rumus Matematika Operasi Penambahan

Cara ini ialah dengan memakai operator tambah (+) untuk melaksanakan penjumlahan. Perhatikan screenshot berikut

Penjelasan Lengkap Rumus Penjumlahan Pada Excel Fungsi SUM dan Rumus Penjumlahan Pada Excel


Tanggal pertama sebagai patokan awal pribadi mengabil data dari penjualan tanggal tersebut, rumus =C2

Tanggal ke-2 dan seterusnya menjumlahkan data penjumlahan hingga dengan hari sebelumnya ditambah dengan tanggal berjalan. Ketikan Rumus, =D2+C3 di sel D3, kemudian copy rumus tersebut ke baris berikutnya.

Cara tersebut mempunyai kelemahan yaitu jikalau kita menghapus baris (delete row) atau menghapus salah satu formula di kolom D, maka hasil penjumlahan akan menjadi error atau tidak relevan.

Sebagai solusinya maka disarankan untuk beralih ke cara berikutnya (Menggunakan Fungsi SUM)

2. Menggunakan Fungsi SUM

Cara ini memanfaatkan fungsi SUM dengan menerapkan cara penulisan acuan absolute dan relative secara tepat.

Perhatikan pola dalam screenshot berikut:




Ketikan rumus =SUM(C$2:C2) di sel D2, kemudian copy rumus tersebut ke baris berikutnya.

Perhatikan kembali penggunaan tanda absolute ($) pada acuan rumus. Ini dipakai untuk mengunci acuan baris 2 sehingga ketika dicopy ke baris berikutnya, maka rumus akan tetap menghitung mulai dari baris ke-2 hingga ke baris berjalan.

Cara penggunaan acuan absolute dan relative dalam rumus excel dijelaskan dalam artikel lainnya.

Rumus 3 Dimensi : Bagaimana Cara Melakukan Penjumlahan Antar Sheet

Selain memakai operator penambahan, kita juga sanggup melaksanakan penjumlahan antar sheet memakai fungsi SUM. Jika layout dan type data beberapa sheet tersebut sama maka kita sanggup melakkan penjumlahan antar sheet memakai fungsi SUM secara gampang dan singkat.

Misalnya untuk menjumlahkan data pada beberapa sheet dengan nama Jan s.d Des, sanggup dipakai rumus SUM secara singkat yaitu

=SUM(Jan:Des!C2)



Rumus tersebut dipakai untuk menjumlahkan sel C2 yang terletak pada semua worksheet mulai dari "Jan" s.d "Des". Perhatikan bahwa worksheet yang terletak antara "Jan" s.d "Des" tidak perlu direferensikan satu persatu lantaran sudah terwakili dengan referensi "Jan:Des". Inilah yang dimaksud dengan acuan 3 Dimensi”


Penjumlahan Bersyarat Dengan Kriteria / Kondisi Tertentu


Penjumlahan dengan kriteria atau penjumlahan yang mensyaratkan dengan kondisi tertentu sering diharapkan dalam pekerjaan sehari-hari. Contohnya :

• Satu kriteria: Menghitung jumlah penjualan produk tertentu
• Dua kriteria: Menghitung jumlah penjualan produk tertentu terhadap konsumen tertentu.
• Tiga kriteria: Menghitung jumlah penjualan produk tertentu terhadap konsumen tertentu di waktu tertentu.

Contoh praktikal lainnya contohnya untuk menjumlahkan menurut nama, menjumlahkan menurut tanggal, menjumlahkan menurut bulan, dan menjumlahkan dengan kriteria lainnya.

Ada Beberapa cara yang sanggup dipakai untuk melaksanakan penjumlahan bersyarat di excel:

Penjumlahan Bersyarat Menggunakan Fungsi SUMIF dan SUMIFS

Fungsi SUMIF dipakai untuk menjumlahkan dengan satu kondisi, sedangkan SUMIFS sanggup melaksanakan penjumlahan dengan beberapa kondisi. Hanya saja, fungsi SUMIFS tersedia mulai excel versi 2007 ke atas.

Perhatikan pola dalam scrheenshot berikut:



Dalam tabel tersebut, data produk terdapat pada range B3:B10, data Buyer pada range C3:C10, dan data jumlah penjualan pada range D3:D10

Untuk mendapat total penjualan buah Durian maka sanggup dituliskan rumus sebagai berikut.
=SUMIF(B3:B10,"Durian",D3:D10)

Karena Syarat “Durian” disimpan di sel B14, maka rumusnya menjadi
=SUMIF(B3:B10,B15,D3:D10)

Selain itu, sanggup juga dipakai rumus SUMIFS untuk penjumlahan bersyarat satu kriteria.
=SUMIFS(D3:D10,B3:B10,"Durian")

Fungsi SUMIFS juga sanggup dipakai untuk penjumlahan bersyarat dengan dua kriteria atau lebih, contohnya untuk mendapat jumlah penjualan “Durian” dengan buyer “Asep”:
=SUMIFS(D3:D10,B3:B10,"Durian",C3:C10,"Asep")

Penjelasan lebih detail wacana penggunaan fungsi SUMIF dan SUMIFS sanggup dilihat di artikel lainnya.

Selain SUMIF dan SUMIFS, masih ada alternative cara penjumlahan bersyarat yaitu memakai fungsi SUMPRODUCT dan rumus Array.

Penjumlahan bersyarat memakai fungsi SUMPRODUCT

Mendapatkan total penjualan buah “Durian” (1 kriteria)
=SUMPRODUCT((B3:B10="Durian")*(D3:D10))

Mendapatkan total penjualan buah “Durian”, dengan buyer “Asep” (2 kriteria)
=SUMPRODUCT((B3:B10="Durian")*(C3:C10="Asep")*(D3:D10))

Penjumlahan Bersyarat Menggunakan Rumus Array

Setelah mengetikan rumus array, jangan lupa untuk tekan CTR+SHIFT+ENTER

Mendapatkan total penjualan buah “Durian” (1 kriteria)
=SUM((B3:B10=B22)*(D3:D10))

Mendapatkan total penjualan buah “Durian”, dengan buyer “Asep” (2 kriteria)
=SUM((B3:B10="Durian")*(C3:C10="Asep")*(D3:D10))


Rumus SUM Bermasalah, Error, Tidak Berfungsi atau Tidak Bekerja – Penjelasan Penyebab dan Solusinya.


Kemungkinan besar anda pernah mengalami dilema seputar penggunaan rumus penjumlahan, khususnya penjumlahan memakai fungsi SUM.

Berikut beberapa permasalahan fungsi SUM, klarifikasi penyebab dan solusi untuk mengatasinya:

1. Rumus menghasilkan error #NAME

Error ini terjadi terutama disebabkan kesalahan pengetikan rumus SUM atau memakai nama acuan yang salah.

Misalnya, tanpa disengaja menuliskan rumus SUN, padahal seharusnya SUM
Error #NAME juga sanggup disebabkan penggunakan nama acuan yang salah atau belum didefinisikan.

=SUM(range_jumlah)

Dalam pola diatas, jikalau tidak ada range dengan nama range_jumlah maka rumus tersebut akan menghasilkan error #NAME.

Solusi permasalahan error jenis ini ialah dengan menyidik apakah fungsi dan nama acuan sudah diketikan dengan benar. Jika dirasa sudah benar namun masih error, maka periksa kembali nama acuan apakah sudah didefininikan atau tidak. Cara penamaan range acuan sanggup dibaca pada artikel lainnya: Cara Memberi Nama Range Cell Menggunakan Name Box

2. Beberapa bilangan tidak terjumlahkan

Salah satu penyebab umum mengapa rumus SUM tidak mendapat hasil yang relevan ialah lantaran adanya bilangan yang yang ditulis sebagai text mengguakan tanda apstrope (tanda petik satu) di depannya . Secara visual, mungkin akan nampak sebagai bilangan, tapi kenyataannya bukan lantaran excel membaca data tersebut sebagai text sehingga tidak sanggup dikalkulasi atau dijumlahkan.



Untuk mengetahui bahwa bilangan terbaca sebagai text oleh Excel sanggup ditandai dengan adanya indikator berupa tanda segitiga hijau kecil pada pojok kiri atas sel, dan kalau kita seleksi sel tersebut dengan kursor maka akan muncul pemberitahuan “The number in this cells is formated as text or preceded by an apostrophe”

Masalah ini sanggup diatasi dengan mengkonversi bilangan yang diformat text menjadi bilangan nomal. Caranya seleksi sel yang mengandung bilangan yang diformat text, kemudian klik tanda peringatan dan selanjutnya klik “Convert To Number”




3. Rumus SUM menghasilkan nilai 0, padahal Format Bilangan sudah benar.

Selain lantaran bilangan yang diformat sebagai text, sircular reference juga merupakan penyebab umum rumus SUM tidak berfungsi, terutama ketka kita mencoba mentotalkan data bilangan di kolom excel. Sehingga jikalau anda sudah memastikan bilangan diformat bilangan (bukan text) tetapi hasil rumus masih belum benar, maka kemudian tuntaskan masalahnya di circular reference. Penjelasan lengkapnya sanggup dibaca di artikel: Rumus Excel Tidak Berfungsi, Inilah Penyebabnya:

4. Rumus SUM menghasilkan nilai yang lebih besar dari seharusnya.

Jika kemudian semua hal di atas sudah diatasi, namun formula masih belum menghasilkan nilai yang sesuai. Coba cek barangkali ada sel yang di sembunyikan (hidden cells). Karena fungsi sum akan menjumlahkan termasuk bilangan pada sel yang disembunyikan.

Jika ada sel yang disembunyikan dan kita tidak mengharapkan penjumlahan dari sel yang disembunyikan tersebut, maka cobalah memakai fungsi SUBTOTAL, menyerupai sudah dijelaskan pada pecahan atas.

5. Hasil Rumus SUM tidak Update Atau Tidak Mengkalkulasi Otomatis

Ketika sebuah rumus SUM di excel tidak berubah pada ketika kita merubah nilai di salah satu parameternya, atau pada ketika kita mengcopy rumus SUM ke sel lain tetapi hasil rumus tidak berubah. Ini sanggup disimpulkan bahwa mode kalkulasi di set manual. Untuk mengatasi ini, pergi ke tab formula, kemudian klik calculate option dan klik automatic.

Penjelasan lebih lengkap perihal cara setting kalkulasi sanggup dibaca pada Artikel yang membahas Penyebab Rumus Excel Tidak Berfungsi

Bailkah, kelima hal di atas ialah penyebab umum mengapa rumus SUM tidak bekerja dengan benar di excel. Dengan mengetahui penyebab dilema rumus error atau tidak sanggup bekerja dengan benar, maka diharapkan kita sanggup mendapat solusi yang sempurna untuk mengatasinya.

……….

Akhir kata, demikian pembahasan bagaimana melaksanakan penjumlahan pada excel dengan memakai fungsi SUM dan alternatif fungsi penjumlahan lainnya. Juga bagaimana cara memakai fitur autosum, data tabel, autofilter, serta melaksanakan penjumlahan bersyarat dan mengatasi error seputar rumus penjumlahan.

Mudah-mudahan bermanfaat
Salam

Artikel Terkait:




Rumus Excel Tidak Berfungsi? Inilah Penyebabnya
Cara Praktis Mempelajari Fungsi dan Formula Exel
Penerapan Fungsi IF Pada Rumus Excel
VLOOKUP-Rumus Jitu Yang Wajib Dikuasai

Referensi:
https://www.ablebits.com/office-addins-blog/2016/05/18/excel-sum-formula-total-column-rows-cells/
https://support.office.com/en-US/article/SUM-function-043E1C7D-7726-4E80-8F32-07B23E057F89
https://support.office.com/en-US/article/SUBTOTAL-function-7B027003-F060-4ADE-9040-E478765B9939


0 Response to "Fungsi Sum Dan Rumus Penjumlahan Pada Excel"

Posting Komentar