Cara Grouping Baris Dan Kolom Di Excel

 sangat diharapkan utuk menyederhanakan data laporan yang terdiri atas sub bab Cara Grouping Baris dan Kolom di ExcelGrouping baris dan kolom di exel sangat diharapkan utuk menyederhanakan data laporan yang terdiri atas sub bagian. Dengan kata lain data terdiri atas data utama dan perinciannya.  Dengan cara ini kita sanggup melihat data secara garis besar dahulu, kemudian melihat perinciannya jikalau diperlukan.

Untuk melaksanakan grouping, caranya cukup mudah.

Pertama : seleksi kolom atau baris yang akan dilakukan grouping

Kedua     : Lakukan salah satu cara berikut. Ada beberapa cara yang sanggup dilakukan untuk melaksanakan grouping. Silahkan dipilih yang sesuai



Cara-1 : Jika memakai excel 2003, maka grouping sanggup dilakukan melalui sajian data, kemudian klik Group and Outline, dan klik Group.   Proses sebaliknya sanggup dilakukan dengan klik Ungroup
 sangat diharapkan utuk menyederhanakan data laporan yang terdiri atas sub bab Cara Grouping Baris dan Kolom di Excel


Cara-2: Jika anda memakai excel 2007 ke atas, maka groping sanggup dilakukan melalui tab Data dan kemudian tekan Group. Proses sebaliknya sanggup dilakukan dengan klik ungroup

 sangat diharapkan utuk menyederhanakan data laporan yang terdiri atas sub bab Cara Grouping Baris dan Kolom di Excel


Cara-3: Cara yang saya sarankan ialah menggukan shortcut pada keyboard. Cara ini merupakan yang paling gampang dan berlaku untuk semua versi excel. Adapun shortcutnya ialah sebagai berikut:

  • ALT + SHIFT + RIGHT    : Untuk grouping kolom atau baris
  • ALT + SHIFT + LEFT       : Proses sebaliknya Untuk menghilangkan grouping kolom atau baris

Keterangan : RIGHT merupakan tanda panah ke kanan, dan LEFT ialah tanda panan ke kiri.

Demikian tips sangat super singkat ini. Semoga bermanfaat.
Salam

0 Response to "Cara Grouping Baris Dan Kolom Di Excel"

Posting Komentar