Cara Grouping Baris Dan Kolom Di Excel
![Cara Grouping Baris dan Kolom di Excel sangat diharapkan utuk menyederhanakan data laporan yang terdiri atas sub bab Cara Grouping Baris dan Kolom di Excel](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiEqQv4zbwy2lW4i1P-qrrl7DIDLhJHIMP5vWyhaplV94DV65gMjP0NmJ2aT2yc0Ca1bzy4RQ3igfXEmTJ4BfovkfXp_8zUAuzVa2tnih5drGtTskyddLrP8gN_t_h-7YoECOTwQVmL7mxH/s1600/GROUPING.png)
Untuk melaksanakan grouping, caranya cukup mudah.
Pertama : seleksi kolom atau baris yang akan dilakukan grouping
Kedua : Lakukan salah satu cara berikut. Ada beberapa cara yang sanggup dilakukan untuk melaksanakan grouping. Silahkan dipilih yang sesuai
Cara-1 : Jika memakai excel 2003, maka grouping sanggup dilakukan melalui sajian data, kemudian klik Group and Outline, dan klik Group. Proses sebaliknya sanggup dilakukan dengan klik Ungroup
Cara-2: Jika anda memakai excel 2007 ke atas, maka groping sanggup dilakukan melalui tab Data dan kemudian tekan Group. Proses sebaliknya sanggup dilakukan dengan klik ungroup
Cara-3: Cara yang saya sarankan ialah menggukan shortcut pada keyboard. Cara ini merupakan yang paling gampang dan berlaku untuk semua versi excel. Adapun shortcutnya ialah sebagai berikut:
- ALT + SHIFT + RIGHT : Untuk grouping kolom atau baris
- ALT + SHIFT + LEFT : Proses sebaliknya Untuk menghilangkan grouping kolom atau baris
Keterangan : RIGHT merupakan tanda panah ke kanan, dan LEFT ialah tanda panan ke kiri.
Demikian tips sangat super singkat ini. Semoga bermanfaat.
Salam
Artikel terkait:
0 Response to "Cara Grouping Baris Dan Kolom Di Excel"
Posting Komentar