Cara Efektif Menggeser Kolom Pada Excel

Sebuah tabel biasanya terdiri atas beberapa kolom dan urutan kolom disusun menurut kondisi logis biar memudahkan dalam analisa.  Namun adakalanya kita perlu melaksanakan penyusunan atau re-order ulang kolom untuk keperluan analisa yang lebih baik. Dengan kata lain kita perlu menggeser atau memindahkan kolom tertentu sehingga sanggup menampilkan tabel dengan urutan kolom yang lebih sesuai untuk keperluan analisa.

Sebagai contoh, kita mungkin perlu menggeser dan menggandengkan sejumlah kolom untuk melihat data side by side. Tentu saja kita sanggup meng-hide kolom tetangganya yang tidak diharapkan untuk sesaat, akan tetapi cara ini tidak selalu yang terbaik. Karena kita mungkin saja masih perlu melihat data dari sudut pandang kolom yang di-hide.

Nah, dalam kesempatan ini akan dibahas aneka macam alternatif cara untuk memindahkan atau menggeser kolom. Kelihatannya mungkin sepele, tetapi yakinlah.. ini akan sangat membantu efektifitas kerja kalau sanggup mempraktekannya dengan tepat.





Secara garis besar, pembahasan kali ini mencakup:

  • Menggeser kolom memakai drag & drop.
  • Memindahkan kolom dengan cara  cut dan paste
  • Memindahkan kolom dengan cara  copy, Paste dan delete
  • Re-order kolom memakai macro


Cara Menggeser  Kolom Dengan Tehnik Drag & Drop


Tehnik drag & drop untuk memindahkan range mungkin bukan hal yang abnormal bagi sebagian besar pengguna excel. Namun cara yang umum biasanya range yang dipindahkan akan menimpa dan menghapus data pada range lokasi dropnya. 

Cara yang akan dijelaskan di sini ialah bagaimana drag & drop untuk menggeser kolom ke lokasi lainnya tanpa menghapus / menimpa data pada kolom lainnya.

Dengan memakai referensi tabel pada artikel sebelumnya mengenai sortir dan filter data menurut warna, mari kita praktekan bagaimana cara memindahkan / menggeser kolom pada excel.

Sebuah tabel biasanya terdiri atas beberapa kolom dan urutan kolom disusun menurut kon Cara Efektif Menggeser Kolom Pada Excel


Perhatikan gambar referensi tabel di atas.

Anggaplah kita ingin memindahkan kolom Kategori ke bab awal tabel:

  • Seleksi kolom D, kemudian sambil menekan tombol SHIFT, gerakan pointer pada bab sisi kolom yang diseleksi hingga kursor menjelma tanda panah menunjuk 4 arah mata angin.
  • Klik tombol mouse kiri. Lalu sambil tetap menekan tombol SHIFT, drag kolom ke lokasi yang diinginkan. Lepaskan klik mouse pada lokasi yang sesuai, contohnya ke kolom pertama ibarat referensi dibawah ini:


Sebuah tabel biasanya terdiri atas beberapa kolom dan urutan kolom disusun menurut kon Cara Efektif Menggeser Kolom Pada Excel


  • Sehingga hasilnya kolom Kategori bergeser menjadi kolom pertama dalam tabel ibarat gambar berikut:

Sebuah tabel biasanya terdiri atas beberapa kolom dan urutan kolom disusun menurut kon Cara Efektif Menggeser Kolom Pada Excel


Catatan: Penting diperhatikan bahwa proses Drag & Drop ini harus dilakukan sambil menekan tombol SHIFT. Jika tidak, maka kolom yang di geser akan menimpa / menghapus kolom lainnya. 

Tehnik ini juga sanggup dipakai untuk menggeser beberapa kolom yang bersebelahan sekaligus.  Sayangnya metode ini tidak sanggup dipakai untuk menggeser beberapa kolom yang tidak bersebelahan secara langsung, atau beberapa kolom yang diseleksi dengan cara klik header kolom sambil menekan tombol CTR.

Selain untuk menggeser kolom, tehnik ini juga bahwasanya sanggup dipakai juga untuk menggeser baris. Silahkan dicoba sendiri.


Menggeser kolom dengan cara Cut & Paste




Jika cara drag & drop ada kendala, contohnya masalah mouse, maka anda sanggup memakai cara cara cut & paste. Tehnik ini juga akan sangat tergantung pada kebutuhan apakah memindahkan kolom tunggal atau beberapa kolom.

Memindahkan Kolom Tunggal

  • Seleksi kolom dengan cara klik pada header kolom.
  • Tekan CTRL + X untuk menjalankan command Cut pada kolom terpilih. Bisa juga dilakukan dengan cara Klik kanan, kemudian klik Cut.


Sebuah tabel biasanya terdiri atas beberapa kolom dan urutan kolom disusun menurut kon Cara Efektif Menggeser Kolom Pada Excel

  • Seleksi kolom dimana anda ingin memindahkan kolom yang di-Cut ke lokasi tersebut, kemudian klik kanan dan klik Insert Cut Cells.

Sebuah tabel biasanya terdiri atas beberapa kolom dan urutan kolom disusun menurut kon Cara Efektif Menggeser Kolom Pada Excel

  • Maka hasil kesudahannya kolom berpindah sesuai order yang dikehendaki.

Sebuah tabel biasanya terdiri atas beberapa kolom dan urutan kolom disusun menurut kon Cara Efektif Menggeser Kolom Pada Excel


Jika anda merasa lebih nyaman memakai shortcut dan keyboard, mungkin cara berikut akan lebih anda sukai.

  • Seleksi satu sel atau lebih secara horizontal sesuai jumlah kolom yang bersebelahan yang ingin anda pindahkan, kemudian tekan CTRL + SPACE untuk menyeleksi kolom penuh.
  • Tekan CTRL + X untuk menggunting atau Cut kolom terpilih
  • Seleksi lokasi kolom lainnya sebagai lokasi pemindahan kolom, kemudian tekan CTRL + SPACE untuk menyeleksi kolom secara penuh. Bisa juga dengan hanya menyeleksi satu sel teratas saja.
  • Lalu tekan CTRL + SHIFT bersama dengan menekan tombol plus (+). Jika anda memakai keyboard yang ada tombol numeriknya, sanggup menekan CTRL dan tanda plus (+) tanpa perlu menekan tombol SHIFT.

Cara Memindahkan Beberapa Kolom Pada Excel


Tehnik cut/paste hanya sanggup bekerja pada satu kolom saja atau beberapa kolom yang bersebelahan. Jika tehnik ini dicoba untuk beberapa kolom yang tidak bersebelahan pribadi makan cara ini akan berakhir dengan error.

Untuk rerorder beberapa kolom kita sanggup melaksanakan salah satu cara atau kombinasi berikut:

Drag & Drop kolom satu  persatu ibarat dijelaskan pada bab awal artikel ini. Cara ini tampaknya paling cepat.

Cut dan Paste masing – masing kolom. Cara ini mungkin bukan pilihan terbaik kalau bekerja dengan banyak kolom yang harus di geser. Tetapi mungkin akan menjadi pilihan terbaik kalau posisi kolom yang akan digeser berjauhan dengan posisi barunya sehingga tidak nampak dalam satu layar komputer.

Copy, Paste dan Delete: cara ini ibarat dengan cut dan paste, hanya saja sedikit lebih panjang prosesnya alasannya kolom awal tidak terhapus, sehingga harus di delete kolom lagi. Caranya dijelaskan di bawah ini.

Menggeser Kolom Dengan Cara Copy, Paste dan Delete.


Jika dalam kondisi tertentu tehnik drag kolom memakai mouse tidak bekerja, maka anda sanggup mencoba penyusunan kolom memakai cara ini.

Seleksi kolom yang ingin di pindahkan dengan cara mengklik header kolom, atau  dengan cara seleksi salah satu sel pada kolom yang ingin dipindahkan, kemudian tekan CTRL + SPACE.

Copy kolom terpilih dengan cara klik kanan dilanjutkan klik copy.  Atau sanggup juga dengan menekan tombol short cut CTRL + C.

Sebuah tabel biasanya terdiri atas beberapa kolom dan urutan kolom disusun menurut kon Cara Efektif Menggeser Kolom Pada Excel

  • Lalu klik kanan pada kolom tujuan, dan klik Insert Copied Cells.

Sebuah tabel biasanya terdiri atas beberapa kolom dan urutan kolom disusun menurut kon Cara Efektif Menggeser Kolom Pada Excel


  • Maka akan muncul duplikat dari kolom yang dicopy tadi.



Sebuah tabel biasanya terdiri atas beberapa kolom dan urutan kolom disusun menurut kon Cara Efektif Menggeser Kolom Pada Excel

Selanjutnya kita sanggup menghapus (delete) kolom awal yang tidak diperlukan.

Perlu diperhatikan: Hasil dari tehnik copy dan insert copied cells mungkin akan memperlihatkan hasil yang yang tidak diiharapkan contohnya sanggup saja data pada kolom hasil copy tidak sama dengan data pada kolom awalnya, atau bahkan error. Ini terjadi biasanya kalau kolom yang dicopy berisi formula. 


Merubah Susunan Kolom Menggunakan Macro / VBA





Jika ada banyak sekali tabel serupa namun terletak dalam banyak sheet atau workbook yang berbeda, kemudian kita perlu merubah susunan kolom semua tabel tersebut. Cara apa yang paling efektif?. 
Mengedit satu persatu tabel dengan cara drag & drop, cut/paste maupun copy/paste/delete nampaknya hanya akan menghabiskan hari-hari anda. 

Dalam hal ini Macro mengambil peranannya. Tidak perlu pusing meskipun anda belum memahami bahasa vba. Karena disini kita cukup melaksanakan record macro untuk proses geser kolom  pada tabel pertama. Sedangkan untuk tabel berikutnya cukup jalankan makro.

  • Masuk ke salah satu sheet yang berisi tabel untuk diatur susunan kolomnnya
  • Masuk ke tab Developer, kemudian klik tombol Record Macro.
  • Maka akan muncul Kotak Dialog Record Macro
  • Pada kotak isian Macro Name, ketik nama macro yang anda kehendaki, misalnya: AturKolom
  • Tentukan shortcut key, contohnya CTRL + q ,  saya pilih aksara “q”  dengan pertimbangan akomodasi untuk mengaksesnya memakai jari tangan kiri.
  • Store Macro In, memilih lokasi file penyimpanan code macro, saya pilih Personal Macro Workbook.
  • Klik tombol OK.
  • Bagan alur untuk memulai record Macro digambarkan sebagai berikut:


Sebuah tabel biasanya terdiri atas beberapa kolom dan urutan kolom disusun menurut kon Cara Efektif Menggeser Kolom Pada Excel

  • Selanjutnya lakukan tahapan menggeser kolom dengan tehnik yang sudah dijelaskan sebelumnya. Anda sanggup memakai salah  satu  atau adonan dari tehnik drag & drop, cut & paste, maupun copy, paste & delete.
  • Jika pengaturan kolom sudah selesai, maka klik tombol Stop Recording.


Sebuah tabel biasanya terdiri atas beberapa kolom dan urutan kolom disusun menurut kon Cara Efektif Menggeser Kolom Pada Excel

Sekarang anda sudah mempunyai macro AturKolom yang siap dipakai untuk mengatur  susunan kolom tabel-tabel lainnya yang serupa.

Cara menggunakannya simple saja, cukup masuk tiap-tiap sheet yang berisi tabel serupa, kemudian tekan CTRL + q  (atau shortcut lainnya sesuai pengaturan yang anda buat), maka macro AturKolom() akan bekerja untuk anda.


Mau lebih cepat lagi?


Jika anda tidak mau membuka sheet satu persatu untuk menjalankan makro AturKolom(), maka dengan sedikit code VBA, anda sanggup melakukannya sekaligus terhadap semua sheet dalam satu file.

Kode vba berikut akan bekerja dengan perkiraan semua sheet dalam workbook berisi tabel yang sama susunan kolomnya dan akan dirubah menjadi susunan tertentu.

Sub AturKolomSekaligus()
Dim ws As Worksheet
For Each ws In ActiveWorkbook.Worksheets
    ws.Activate
    AturKolom
Next
End Sub

Jika tidak semua sheet berisi tabel yang sama, dan anda hanya ingin mengedit sebagian sheet saja yang berisi tabel, maka anda harus menamai sheet dimaksud secara terstruktur.

Misalnya: semua sheet berisi tabel harus diberinama sheet dengan awalan tabel seperti: tabel1, tabel2, tabel3, tabel4, dan seterusnya.

Dan referensi code VBA yang sanggup dipakai untuk kasus ini ialah sebagai berikut:

Sub AturKolomSekaligus()
Dim ws As Worksheet
For Each ws In ActiveWorkbook.Worksheets
    If Left(ws.Name, 5) = "tabel" Then
        ws.Activate
        AturKolom
    End If
Next
End Sub

Supaya sanggup digunakan, code tersebut harus diketik atau di copy di module yang sama dengan lokasi code makro AturKolom() yang sudah kita buat  memakai record macro sebelumnya.

Caranya :

  • Klik tombol Visual Basic yang ada pada Tab Developer, atau tekan key short cut ALT + F11.  Langkah ini akan membawa kita pada jendela Visual Basic Editor
  • Pada bab project explorer cari module yang merupakan lokasi penempatan code. Dalam hal ini module terdapat dalam workbook PERSONAL.XLSB, module1.
  • Double klik module1 tersebut untuk masuk ke jendela kodenya.
  • Di jendela kode, kita akan melihat aba-aba AturKolom() yang ter-generate secara otomatis sesuai langkah-langkah yang kita record sebelumnya. (Dalam referensi yang ditampilkan codenya singkat dan sederhana, dalam aktualnya mungkin lebih panjang tergantung berapa banyak proses drag & drop kolom atau copy/cut paste yang di-record.
  • Ketik atau copy code macro AturKolomSekaligus() pada module tersebut.
  • Perhatikan gambar berikut untuk lebih jelasnya.


Sebuah tabel biasanya terdiri atas beberapa kolom dan urutan kolom disusun menurut kon Cara Efektif Menggeser Kolom Pada Excel



Setelah code AturKolomSekaligus() di copy atau diketik di dalam module VBA, maka tahap selanjutnya ialah menciptakan shorcut biar code sanggup lebih gampang diakses dan cepat dijalankan.
  • Keluar dari jendela VBA dan kembali ke spreadsheet.
  • Dari tab Developer, klik Macros, maka selanjutnya akan muncul kotak obrolan Macro.
  • Pada List Macro Name, pilih PERSONAL.XLSB!AturKolomSekaligus, nama ini sesuai nama file dimana code macro tersimpan, dan nama macronya itu sendiri.
  • Klik tombol Options
  • Pada jendela Macro Options, tentukan key shortcut yang diinginkan. Contoh CTRL + SHIFT + C . lagi-lagi shortcut ini saya buat dengan pertimbangan akomodasi terusan oleh jari tangan kiri. Tanda shift akan muncul otomatis kalau kita mengetikan aksara kapital pada kotak isian key shortcut.
  • Klik tombol OK
  • Selanjutnya Close dari  kotak obrolan macro.

Perhatikan kembali ilustrasi langkah-langkah pembuatan shortcut macro berikut:


Sebuah tabel biasanya terdiri atas beberapa kolom dan urutan kolom disusun menurut kon Cara Efektif Menggeser Kolom Pada Excel


Setelah langkah – langkah diatas dilakukan tanpa kecuali, maka kita sudah sanggup menjalankan macro AturKolomSekaligus() untuk merubah susunan kolom semua tabel dalam sebuah file.

Caranya sangat mudah. Cukup buka file yang terdiri atas sheet  berisi tabel, dimana nama sheet sudah diatur secara terstruktur. Dalam referensi ini tabel1, tabel2, tabel3  dst,

Lalu tekan key shortcut CTRL + SHIFT + C atau shortcut lain sesuai pengaturan yang anda sukai. Maka selanjutnya macro AturKolomSekaligus() yang akan menuntaskan kiprah anda dengan cepat.

Demikian pembahasan mengenai beberapa tehnik pemindahan dan penyusunan kolom pada tabel dalam microsoft excel. Semoga bermanfaat.

Baca juga catatan pelajaran excel lainnya:




Dan mohon dicek juga semua artikel dalam blog ini melalui Daftar Isi.

Referensi:

0 Response to "Cara Efektif Menggeser Kolom Pada Excel"

Posting Komentar