Cara Gampang Memakai Rumus If Di Excel

Tutorial microsoft office | Kalau kita lihat sepintas, Microsoft excel hanyalah sebuah lembaran kerja yang di penuhi oleh table-tabel yang tiadak akhir. Padahal kalau pelajari lebih dalam, ada aneka macam Formula yang tersimpan di dalamnya yang dapat kita manfaatkan dari Microsoft excel ini.

Formula rumus IF (jika) yakni salah satu rumus yang paling umum di gunakan dalam Microsoft excel. Dengan perintah sederhana ini, kita dapat menuntaskan kiprah dengan lebih cepat tanpa harus dipusingkan rumus-rumus yang jlimet.

Pada tutorial Microsoft excel kali ini, aku akan mencoba memaparkan penggunaan rumus if secara gampang dan sederhana. Tutorial ini aku persembahkan untuk andi alenk yang bertanya soal rumus logika pada tutorial rumus dasar Microsoft excel dan cara penggunaannya pertanyaannya sebagai berikut.

“butuh pencerahan, bagaimana menciptakan rumus yang mempunyai beberapa logika; sel A1=5,  B1=6,  C1=7  D=?. Bagaimana memasukan rumus pad sel D “jika A1 lebih besar dari B1 dan C1 maka jawabannya X, kalau B1 lebih besar dari A1 dan C1 maka jawabannya Y, kalau C1 lebih besar dari A1 dan B1 maka jawabannya Z.”

Bagi yang mempunyai problem serupa dengan mas Andi alenk, silahkan perhatikan rumusan sederhana yang akan aku paparkan berukut ini.

Perintah dasar dalam penggunaan formula IF di excel

=IF(logical_test,[value_if_true],[value_if_false]

Logical_test adalah kondisi atau syarat yang akan memilih sesuatu nial itu benar atau salah. Logical test inilah akan menjadi patokannya.
value_if_true adalah sebuah nilai yang akan di hasilkan kalau memenuhi syarat yang di atas
value_if_false adalah sebuah nilai yang akan di hasilkan kalau tidak memenuhi syarat di atas.

dalam penerapannya fungsi IF pada excel ini terbagi kedalam dua kelompok besar, yang pertama fungsi if dengan tes logika tunggal dan yang kedua fungsi if dengan tes logika ganda atau lebih.

Cara memakai formula If tunggal pada excel

IF tunggal ini dipakai dikala logika yang diharapkan hanya ada satu syarat untuk memilih nilai benar atau salah. Lihat pola berikut ini

Jika siswa bernilai 80 atau lebih tinggi, maka kesudahannya lulus, tetapi kalau nilai siswa kurang dari 80 maka kesudahannya tidak lulus. Untuk penerapan rumus if pada excelnya yakni sebagai berikut;

=IF(logical_test,[value_if_true],[value_if_false]
=IF(B2>=80,”LULUS”,”TIDAK LULUS”)

 Microsoft excel hanyalah sebuah lembaran kerja yang di penuhi oleh table Cara gampang memakai rumus if di excel
Keterangan;
untuk  penulisan nama sel dan angka kita tidak perlu memakai tanda petik (“) menyerupai B2 dan 80, sedangkan untuk penulisan kata atau kalimat perlu ditambahkan tanda petik (“) menyerupai pada kata LULUS dan TIDAK LULUS
>= berarti lebih besar atau sama dengan, teman dapat menggantinya dengan rumus matematika yang lainnya menyerupai >,<,= dan lain-lain. Tinggal diubahsuaikan dengan logika yang diperlukan

Cara memakai formula if ganda atau lebih pada excel

IF ganda atau lebih di gunakan dikala membutuhkan banyak syarat untuk memilih nilai benar atau salah. IF yang menyerupai ini juga sering dikombinasikan dengan rumus and atau or. Nah dengan rumus inilah pertanyaan mas Andi Alenk terjawab.

Logika sel A1=5,  B1=6,  C1=7  D=?. Bagaimana memasukan rumus pad sel D “jika A1 lebih besar dari B1 dan C1 maka jawabannya X, kalau B1 lebih besar dari A1 dan C1 maka jawabannya Y, kalau C1 lebih besar dari A1 dan B1 maka jawabannya Z.”

=IF(logical_test,[value_if_true], IF(logical_test,[value_if_true], IF(logical_test,[value_if_true])))
=IF(and(A1>B1,A1>C1),”X”, IF(and(B1>A1,B1>C1),”Y”, IF(and(C1>B1,C1>A1),”Z”,)))

 Microsoft excel hanyalah sebuah lembaran kerja yang di penuhi oleh table Cara gampang memakai rumus if di excel

Untuk rumus di bawahnya, teman tidak perlu menulis ulang rumus yang diatas. Akan tetapi cukup klik titik yang ada di pojok D1, lalu sambil ditahan serek ke D7 (sel paling bawah)

 Microsoft excel hanyalah sebuah lembaran kerja yang di penuhi oleh table Cara gampang memakai rumus if di excel

Formula IF pada Microsoft excel ini dapat teman manfaatkan untuk melaksanakan pengelompokan, memperlihatkan nilai pada murid-murid, memilih nilai kelulusan dan lain-lain.

Demikianlah penggunaan formula rumus IF pada microsoft excel…. Untuk selanjutnya, silahkan kembangkan sendiri sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Jika ada yang kurang jelas, silahkan dapat disampaikan di kolom komentar. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Gampang Memakai Rumus If Di Excel"

Posting Komentar