Waspadalah! : Macro Excel Sanggup Merusak Data Anda

Dengan kemampuannya yang luar biasa untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas kerja mic Waspadalah! : Macro Excel Dapat Merusak Data Anda
Dengan kemampuannya yang luar biasa untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas kerja microsoft excel, macro/vba juga membuka peluang untuk orang yang tidak bertanggung jawab untuk menyisipkan script berbahaya yang sanggup merusak data excel, dan bahkan menghilangkannya sama sekali.

Hal ini harus benar-benar diwaspadai alasannya ialah lantaran saking mudahnya, orang yang gres berguru makro pun sanggup menciptakan script yang merusak ini. Cukup dengan record macro, maka code vba yang bersifat merusak data sanggup dibuat.

Sebagai referensi yang sangat sederhana ialah sbb:
  • Kebanyakan pengguna excel, termasuk saya lebih suka memakai tombol shortcut "CTR + S" pada dikala menyimpan hasil perubahan/edit pada file excel. Shortcut "CTR + S" ini berfungsi untuk memerintahkan komputer untuk menyimpan hasil final atas perubahan yang kita lakukan pada file excel tersebut. Kalau kita lakukan record macro atas proses ini, maka script yang kita peroleh ialah sbb: 
Sub Macro1()
    ActiveWorkbook.Save
End Sub
  • Jika kita kembali melaksanakan record macro untuk proses sbb:  select All (tekan "Ctr + A") ---> Delete (Tekan tombol Delete)--> Save (tekan "Ctr + S"), maka script macro/vba yang kita peroleh ialah sbb: 
Sub Macro2()
    Cells.Select
    Range("A1").Activate
    Selection.ClearContents
    ActiveWorkbook.Save
End Sub
  • Jika untuk Macro2 tersebut lalu kita buat shortcut  "Ctr + S", walhasil pada dikala kita tekan "Ctr +S",  maka komputer akan menjalankan Macro2, yaitu menyeleksi semua cell dalam activesheet (select all), lalu menghapus semua datanya (clear contents) dan dilanjutkan dengan proses save file. Data yang sudah terhapus tidak sanggup dikembalikan alasannya ialah file sudah di-save (proses terakhir)
  • Meskipun script macronya tersimpan di file lain, asalkan file tersebut dibuka dan macro enable, maka proses macro2  juga sanggup merusak file excel lainnya yang akan di-save memakai short cut "Ctr+S".
Jadi apakah makro berbahaya?
Bisa dikatakan iya kalau kita tidak berhati-hati.

Bagaimana supaya terhindar dari ancaman macro?
Pastikan dulu code macro kondusif sebelum dijalankan.

Demikian agar bermanfaat, dan lebih waspada...:-)

0 Response to "Waspadalah! : Macro Excel Sanggup Merusak Data Anda"

Posting Komentar