3 Fitur Canggih Excel Mengakibatkan Pekerjaan Lebih Mudah

Tahukah anda bahwa aplikasi Ms Excel  menyediakan fitur yang sangat powerfull dan canggih, yang kalau kita menguasainya akan menimbulkan pekerjaan olah data lebih efektif dan efisien. Jika anda sedang belajar excel, berikut ialah tiga fitur excel yang wajib dikuasai supaya pekerjaan olah data lebih efisien.

1. Formula dan Fungsi
2. Pivot Table
3. VBA dan Macro

Formula dan Function

Pemahaman formula / rumus excel yang masih terbatas seringkali menciptakan pekerjaan rekapitulasi  dan  olah data menjadi pekerjaan yang usang dan membosankan.  Excel menyediakan ratusan fungsi siap pakai (worksheet function) yang sanggup dimanfaatkan dalam pembuatan formula atau rumus excel. Namun sayangnya masih banyak pengguna yang sangat minim dalam memakai fungsi excel. Saya bahkan masih menjumpai beberapa pengguna excel yang hanya puas memakai rumus kali ( * ), bagi ( / ), tambah ( + ), dan kurang ( - ),  serta sesekali SUM.

Apakah perlu kita menghapal semua fungsi excel ? kalau bisa hapal semua, itu anggun sekali. Tetapi bagi saya, yang terpenting ialah menguasai dan mengetahui cara mencari fungsi yang sempurna dan bisa dipakai dalam formula kita sesuai kebutuhan.  Tekan toolbar  Fx maka anda akan dibawa pada obrolan box Insert Function, dari sana kita bisa mencari fungsi-fungsi excel dan keterangan kegunaan dan cara menggunakannya.  Excel  sendiri  mengelompokan fungsi formula dalam beberapa kategori menyerupai Financial, Logical, Text, Date & Time, Lookup & Reference, Math & Trigonometry, serta fungsi-fungsi lainnya.

Pivot Table

Pivot table merupakan fitur excel lainnya yang sangat powerfull, namun sayangnya sejauh pengamatan aku terhadap rekan-rekan kerja aku sendiri, kebanyakan mereka masih sangat jarang yang memanfaatkan kemudahan ini.  Padahal penggunaan pivot table sangat mudah, hanya tinggal geser menggeser  field pada row, kolom dan data.

Pivot table intinya berfungsi untuk mengolah dan menampilkan data tanpa merubah data aslinya. Dalam hal ini, data orisinil bertindak sebagai database dan dengan pinjaman pivot table kita sanggup meng-extract data dari database sesuai yang kita perlukan. Pivot table sanggup menampilkan report data dan grafik yang lebih dinamis, mempermudah pengelompokan dan sortir data, serta mempermudah layout data sesuai keperluan laporan.

Macro dan VBA

Macro merupakan mekanisme yang didefinisikan sendiri oleh user baik dengan cara record macro maupun dengan pinjaman VBA editor. Kemampuan memakai macro dan VBA menimbulkan efisiensi kerja yang berlipat ganda. Betapa tidak, pekerjaan yang mungkin memerlukan waktu seharian dan dikerjakan oleh beberapa orang, kalau memakai macro memungkinkan sanggup diselesaikan dengan hanya dengan satu klik saja. Dalam hal ini macro dan VBA sangat mempunyai kegunaan untuk automatisasi mekanisme excel. Cara gampang untuk menciptakan mekanisme macro ialah dengan cara record macro. Untuk tingkat lanjut bisa dengan cara mengetikan code melalui VBA editor. Beberapa pola macro sudah ditampilkan pada postingan-postingan sebelumnya menyerupai bagaimana menciptakan hyperlink secara cepat, convert text comment dan prosedur seputar comment excel.

Dalam postingan berikutnya, kita akan mencar ilmu bersama bagaimana penerapan ketiga fitur ini Formula & Function, Pivot Table dan Macro/VBA secara lebih terperinci.  Jika Microsoft Excel ialah “Senjata” anda di pekerjaan, maka alangkah baiknya untuk menguasai tehnik “permainan”  Formula, Pivot Table, dan Macro/VBA.

Demikian biar bermanfaat, kalau ada salah kate, mohon dikoreksi ya... :-)

Belajar Excel...!  Excellent...!  Salam Sukses...!

0 Response to "3 Fitur Canggih Excel Mengakibatkan Pekerjaan Lebih Mudah"

Posting Komentar