Cara Memperbesar Dan Memperkecil Aksara Dengan Tombol Shurtcut Di Ms Word

Untuk artikel kali ini saya akan coba share cara simple dan sederhana untuk memperbesar maupun memperkecil abjad /kalimat dengan memakai shurtcut di microsoft word, tujuan utamanya ialah semoga mempercepat dalam pengerjaannya. sebetulnya rekan juga dapat melakukannya melalui standart sajian kafetaria dari font size yang ada, namun disini saya tidak membahasnya "karena saya yakin sudah banyak yang tahu".

Perintah shortcut untuk memperbesar atau memperkecil abjad "font" dalam microsoft office word ialah kombinasi antara tombol CTRL dengan [ dan ] yang di tekan secara bersamaan.

Untuk detail fungsi dari shurtcutnya, rekan dapat menyimak klarifikasi berikut ini :
  • Jika rekan ingin memperbesar kalimat /huruf yang ada dalam lembar kerja ms word, block pada kata atau kalimat yang akan diperbesar, kemudian tekan tombol Ctrl dan ] secara bersamaan. 

  • Begitupun sebaliknya untuk memperkecil huruf,seleksi/block kalimat atau kata yang akan diperkecil, kemudian tekan Ctrl dan [ secara bersamaan. 
Tips perhiasan kalau rekan ingin mengubah abjad kapital "huruf besar" menjadi abjad kecil, mapun sebaliknya dari abjad kecil menjadi abjad besar tanpa harus menhapus atau mengetikkan dari awal, maka rekan dapat memanfaatkan dari sajian Change Case, untuk detail caranya rekan dapat menyeleksi kalimat yang ingin di rubah, kemudian pilih sajian change case menyerupai pola gambar berikut ini

Fungsi masing-masing perintah :
Sentence case : mengubah menjadi abjad besar hanya di awal kalimat yang dipilih, misal : Integrasi top-down
lower case : mengubah menjadi semua abjad kecil, misal : integrasi top-down
UPPERCASE : mengubah menjadi semua abjad besar "capital", misal : INTEGRASI TOP-DOWN
Capitalize Each Word : di setiap awal suku kalimat akan menjadi abjad besar "capital" misal : Integrasi Top-Down
tOGGLE cASE : kebalikan dari Capitalize Each Word yakni di tiap awal suku kata akan menjadi abjad kecil. misal : iNTEGRASI tOP-dOWN

0 Response to "Cara Memperbesar Dan Memperkecil Aksara Dengan Tombol Shurtcut Di Ms Word"

Posting Komentar