Cara Gampang Menulis Harokat Arab Di Word

Tutorial microsoft office | Pada beberapa waktu kemudian aku pernah share tutorial cara mengetik goresan pena arab diMicrosoft word. Akan tetapi ada beberapa persoalan gres yang belum dapat terselesaikan di tutorial waktu itu, terutama bagi para pemula yang gres berguru Microsoft word.

Diantara persoalan dalam mengetik arab di Microsoft word yakni tidak dapat mengetik angka arab di word. Padahal untuk mengetik karakter arab biasa sudah bisa. Cara mengatasinya sudah aku sehare pada tutorial cara mengetik karakter arab di word. Akan tetapi masih ada hal yang belum sempat aku kasih tau dalam persoalan mengetik goresan pena arab ini. diantaranya yakni cara menulis harokat.

 Pada beberapa waktu kemudian aku pernah share tutorial  Cara praktis menulis harokat arab di word

Sebagaimana kita ketahui, bahasa arab itu memiliku keunika tersendiri, diantaranya adanya harokat yang akan mensugesti sebuah makna sebuah tulisan. Mungkin bagi yang sudah terbiasa membaca kitab kuning bertuliskan arab gundul hal ini tidaklah terlalu masalah, tapi bagi kita yang gak faham arab gundul diharapkan harokat untuk dapat membacanya, biar tidak salah menafsirkan. Maka dari itu, silahkan disimak baik-baik tutorial microsoft word berikut ini.

Menurut informasi sejarah yang aku baca dari beberapa sumber, asalnya goresan pena arab itu tidak berharokat. bahkan tidak mempunyai tanda titik disetiap hurufnya. jadi kita akan sulit untuk membedakan mana hudur ba, ta, tsa nun alasannya semuanya ditulis tanpa titik. Untungnya dizaman kita goresan pena arab sudah disempurnakan sehingga kita tidak terlalu kesulitan membaca goresan pena arab. Semoga Allah menunjukkan akibat berlipat-lipat bagi orang yang berjasa mempermudah goresan pena arab ini. Amin

Cara menulis harokat arab di word

Harokat bahasa arab ada 8 harokat cara penulisannya sangat praktis kok hanya membutuhkan kombinasi key di keyboard. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat daftar berikut ini.
NONAMAKODE
1FathahShift + Q
2 Fathah tainShift + W
3KasrohShift + A
4Kasroh TainShif + S
5DhomahShift + E
6Domah TainShift + R
7SukunShift + X
8SiddahShift +
Akan tetapi pengetikan harokat ini hanya dapat berfungsi saat dalam mode bahasa arab. Harokat ini diketik sesudah kita mengetik karakter yang diinginkan. Silahkan eksklusif dicoba, biar lebih jelas. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Gampang Menulis Harokat Arab Di Word"

Posting Komentar