Contoh Soal Excel Menghitung Jumlah Hari Kerja Karyawan Dengan Excel
Microsoft excel memang mempunyai fungsi yang sangat komplek yang itu sangat diharapkan dalam dunia industri/perkantoran. Salah satunya untuk menghitung jumlah hari kerja tanpa hari libur, ataupun tanggal merah dengan fungsi rumus excel NETWORKDAYS. Dengan rumus microsoft excel ini Anda dapat memilih dengan gampang kapan hari libur ditempat anda berlaku, apakah 2 hari dalam seminggu semisal hari sabtu dan ahad atau hanya 1 hari libur saja tiap minggunya semisal libur hanya hari ahad saja atau mungkin liburnya per hari jum'at saja misalnya.
Semua itu dapat anda setting dengan rumus excel NETWORKDAYS, dan saya kira ini perlu anda ketahui kalau anda bekerja di bab kepegawaian, manajemen kantor ataupun sejenisnya yang memang membutuhkan / mengharuskan menghitung jumlah hari kerja karyawan dengan microsoft excel.
Untuk menghitung jumlah hari kerja karyawan pada ms excel, kita dapat memakai NETWORKDAYS kalau hari libur dalam satu ahad yaitu 2 hari, namun kalau ternyata di daerah kerja anda hari libur tiap minggunya hanya satu hari semisal hari ahad saja maka anda dapat memakai rumus NETWORKDAYS.INTL
Beberapa waktu yang kemudian saya sebetulnya juga pernah sedikit menyinggung problem penggunaan rumus excel Day, Now, Networkday dan sejenisnya namun berhubung masih banyak yang menanyakan terutama mengenai cara menghitung jumlah hari kerja karyawan dalam kurun waktu tertentu dengan ms excel, maka saya coba perjelas lebih detail disini.
Cara Menghitung Jumlah Hari Kerja Karyawan dengan Excel (hari libur 2 hari dalam seminggu)
1. Anda siapkan lenbar kerja excel yang ingin di hitung jumlah hari kerjanya, dalam kurun waktu tertentu. Semisal menyerupai ini
2. Jika sudah, pada jumlah hari kerja yakni pada cell E3 ke bawah gunakan rumus
=NETWORKDAYS(start_date,end_date,[holiday])
Keterangan ;
start_date, ialah hari mulai/awal
end_date, ialah hari terakhir dihitung
[holiday], tanggal merah selain hari libur semisal hari besar nasional, dan sejenisnya
Maka kalau diterapkan pada cell E3 maka penulisan rumusnya menjadi seperti;
=NETWORKDAYS(C3,D3,Liburan)
keterangan;
C3, merupakan start_date
D3, merupakan end_date
Libur, merupakan libur besar nasional yang mana dalam pola kali ini saya taruh di cell G10 dan G11.
Adapun untuk menawarkan penamaan cell atau istilahnya Define Name yang dalam pola ini saya beri nama Libur ialah dengan menyorot/blok pada cell G10 & G11 kemudian klik kanan Define Name
pada bab Name = isikan Liburan "atau terserah anda" kemudian klik tombol OK, lebih jelasnya menyerupai ini
3. Untuk cell E4 dan kebawah/seterusnya rumusnya anda sesuaikan dengan start_date dan end_datenya. dan kalau benar maka karenanya kurang lebih menyerupai ini
4. Selesai
Cara Menghitung Jumlah Hari Kerja Karyawan dengan Excel (hari libur 1 hari dalam seminggu)
Cara diatas untuk hari kerja 5 hari dalam seminggu, namun kalau ternyata ditempat anda liburnya hanya 1 hari "misal hari ahad saja" berarti rumus yang dipakai ialah;
=NETWORKDAYS.INTL(start_date,end_date,[weekend],[holiday])
kalau diterapkan pada pola diatas maka jadinya menyerupai ini;
=NETWORKDAYS.INTL(C3,D3,11,Liburan)
Keterangan tambahan;
11=menandakan hari liburnya seminggu sekali yakni hari minggu.
Untuk point yang lain sama dengan keterangan yang sudah saya jelaskan diatas.
Itulah Contoh Soal Excel Menghitung Jumlah Hari Kerja Karyawan dengan Excel yang dapat penulis sharekan buat para pembaca dasar-office, biar dapat dimengerti dan mempunyai kegunaan buat semuanya.
Semua itu dapat anda setting dengan rumus excel NETWORKDAYS, dan saya kira ini perlu anda ketahui kalau anda bekerja di bab kepegawaian, manajemen kantor ataupun sejenisnya yang memang membutuhkan / mengharuskan menghitung jumlah hari kerja karyawan dengan microsoft excel.
Untuk menghitung jumlah hari kerja karyawan pada ms excel, kita dapat memakai NETWORKDAYS kalau hari libur dalam satu ahad yaitu 2 hari, namun kalau ternyata di daerah kerja anda hari libur tiap minggunya hanya satu hari semisal hari ahad saja maka anda dapat memakai rumus NETWORKDAYS.INTL
Beberapa waktu yang kemudian saya sebetulnya juga pernah sedikit menyinggung problem penggunaan rumus excel Day, Now, Networkday dan sejenisnya namun berhubung masih banyak yang menanyakan terutama mengenai cara menghitung jumlah hari kerja karyawan dalam kurun waktu tertentu dengan ms excel, maka saya coba perjelas lebih detail disini.
Cara Menghitung Jumlah Hari Kerja Karyawan dengan Excel (hari libur 2 hari dalam seminggu)
1. Anda siapkan lenbar kerja excel yang ingin di hitung jumlah hari kerjanya, dalam kurun waktu tertentu. Semisal menyerupai ini
2. Jika sudah, pada jumlah hari kerja yakni pada cell E3 ke bawah gunakan rumus
=NETWORKDAYS(start_date,end_date,[holiday])
Keterangan ;
start_date, ialah hari mulai/awal
end_date, ialah hari terakhir dihitung
[holiday], tanggal merah selain hari libur semisal hari besar nasional, dan sejenisnya
Maka kalau diterapkan pada cell E3 maka penulisan rumusnya menjadi seperti;
=NETWORKDAYS(C3,D3,Liburan)
keterangan;
C3, merupakan start_date
D3, merupakan end_date
Libur, merupakan libur besar nasional yang mana dalam pola kali ini saya taruh di cell G10 dan G11.
Adapun untuk menawarkan penamaan cell atau istilahnya Define Name yang dalam pola ini saya beri nama Libur ialah dengan menyorot/blok pada cell G10 & G11 kemudian klik kanan Define Name
pada bab Name = isikan Liburan "atau terserah anda" kemudian klik tombol OK, lebih jelasnya menyerupai ini
3. Untuk cell E4 dan kebawah/seterusnya rumusnya anda sesuaikan dengan start_date dan end_datenya. dan kalau benar maka karenanya kurang lebih menyerupai ini
4. Selesai
Cara Menghitung Jumlah Hari Kerja Karyawan dengan Excel (hari libur 1 hari dalam seminggu)
Cara diatas untuk hari kerja 5 hari dalam seminggu, namun kalau ternyata ditempat anda liburnya hanya 1 hari "misal hari ahad saja" berarti rumus yang dipakai ialah;
=NETWORKDAYS.INTL(start_date,end_date,[weekend],[holiday])
kalau diterapkan pada pola diatas maka jadinya menyerupai ini;
=NETWORKDAYS.INTL(C3,D3,11,Liburan)
Keterangan tambahan;
11=menandakan hari liburnya seminggu sekali yakni hari minggu.
Untuk point yang lain sama dengan keterangan yang sudah saya jelaskan diatas.
Itulah Contoh Soal Excel Menghitung Jumlah Hari Kerja Karyawan dengan Excel yang dapat penulis sharekan buat para pembaca dasar-office, biar dapat dimengerti dan mempunyai kegunaan buat semuanya.
0 Response to "Contoh Soal Excel Menghitung Jumlah Hari Kerja Karyawan Dengan Excel"
Posting Komentar