Fungsi Excel Memilih Nilai Tertentu Dengan Warna Secara Otomatis

Fungsi microsoft excel sangatlah kompleks kalau ingin mempelajarinya maka tidak heran microsoft excel kini ini menjadi pilihan utama para perusahaan, office, ataupun bidang perjuangan lain yang memerlukan pendataan yang simple hingga kompleks, alasannya itulah disetiap contoh soal excel memiliki penyelesaian dan cara yang berbeda-beda, salah satu fungsi excel yang dapat dipakai untuk menentukan nilai tertentu dengan warna secara otomatis, sesuai dengan criteria yang kita tetapkan.

Dengan menentukan criteria nilai tertentu yang menampilkan warna teks ataupun fill yang berbeda di setiap data yang ada sehingga data yang disajikan akan lebih hidup dan mempermudah seseorang dalam mengecek standarisasi data yang ditetapkan, misal dalam pola excel kali ini penulis mencontohkan dalam menentukan nilai minimal yang harus di capai siswa, ex ; nilai=<60, kalau siswa memiliki nilai dibawah angka 60 maka otomatis akan berkembang menjadi warna merah. Jika anda belum paham yang aku maksud mungkin lebih detailnya dapat menyimak klarifikasi dibawah ini.

Data Siswa sebelum di berikan fungsi excel untuk menentukan standarisasi nilai tertentu menurut warna

Data Siswa sebelum di berikan fungsi excel untuk menentukan standarisasi nilai tertentu menurut warna (nilai yang dibawah 60, akan berubah otomatis menjadi warna merah)


Fungsi excel cara penggunannya :
1. Silahkan dibentuk data, sesuai dengan impian "tentunya ada data yang ingin dimasukkan fungsi warnanya".
2. Jika sudah blok semua data yang ingin di masukkan fungsi rumus excelnya, dalam pola ini aku memblok (menyeleksi) data semua nilai (C7 hingga E11)
3. Pilih sajian Conditional Formatting >> Highligh Cell Rules >> Less Then.. pada tab sajian Home

4. Kemudian isikan persyaratan kondisi nilai minimal dan warna teks yang di inginkan, misal ibarat ini

5. kalau sudah klik tombol OK, dan lihat hasilnya.

0 Response to "Fungsi Excel Memilih Nilai Tertentu Dengan Warna Secara Otomatis"

Posting Komentar